Perancangan Aplikasi Pariwisata Relawan Berdasarkan Pilar-Pilar Makna Hidup

PUSPASARI, Dian (2020) Perancangan Aplikasi Pariwisata Relawan Berdasarkan Pilar-Pilar Makna Hidup. Masters thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (845kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (733kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Perkembangan tren pariwisata relawan bersama dengan motivasi perjalanan kaum muda saat ini mengindikasi adanya tuntutan baru dalam industri pariwisata. Keberadaan turis relawan kini menuntut cara baru dalam berkontribusi, dengan kegiatan yang lebih beragam, durasi lebih pendek, dan konsep hemat anggaran sebagai upaya untuk meningkatkan mentalitas dan kapabilitas diri. Dengan jumlah ketertarikan yang meningkat, kebutuhan akan informasi dan kemudahan dalam pengajuan kontribusi masih menjadi kendala bagi para peminat kegiatan. Perancangan tesis ini menawarkan solusi dalam bentuk aplikasi pariwisata relawan “vacation” sebagai media penghubung antara turis, aktivitas kerelawanan, dan mitra akomodasi potensial. Menyediakan aplikasi seluler yang lebih efisien, dengan daftar kegiatan sukarelawan yang terkategori, pengajuan permintaan kontribusi secara lebih praktis, kesempatan mendapatkan akomodasi, dan penerimaan laporan kegiatan perjalanan berdasarkan prinsip empat pilar makna hidup untuk mendukung konsep hemat anggaran, peningkatan mentalitas dan kapabilitas diri. Guna memperkuat konsep perancangan, penulis memahami teori-teori milik Garret (2010), Natoli (2015), dan Leech (2013) pada pengalaman pengguna. Hinman (2012) pada proses empati peranti bergerak, dan Smith (2017) untuk konsep pencarian makna hidup. Penulis menerapkan metode desain hasil filtrasi dari Brown, Kumar, Garret, dan Natoli yang terdiri dari tahapan menemukan, menentukan, mengembangkan, dan mengirim. Proses pengumpulan data perancangan menggunakan pendekatan kuantitatif pada survei daring dan kualitatif pada pengamatan etnografi, wawancara, literatur, dan diskusi kelompok. Dari hasil pengujian karya, dapat disimpulkan bahwa selain mempermudah turis relawan memenuhi kebutuhan untuk berkontribusi, perancangan juga membentuk ruang personal bagi para pengguna untuk mengembangkan diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM
PUSPASARI, Diannim1721066411
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSaputro, Kurniawan Adinidn0011057803
Department: KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI
Uncontrolled Keywords: Pariwisata Relawan, Pengalaman Pengguna, Pengembangan Diri
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 05 Nov 2020 06:10
Last Modified: 05 Nov 2020 06:10
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7104

Actions (login required)

View Item View Item