Tata Visual Pada Kemasan Kue Selebritis di Yogyakarta

FAISAL, Muhammad Agus (2020) Tata Visual Pada Kemasan Kue Selebritis di Yogyakarta. Masters thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (854kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai potensi pariwisata. Potensi pariwisata DIY mengembangkan berbagai inovasi di bidang kuliner. Fenomena saat ini yaitu inovasi bisnis kue yang dikenalkan oleh selebritis sejak Tahun 2014. Penelitian ini dibuat bertujuan mengetahui bagaimana tata visual pada kemasan kue selebritis di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif interpretative. Di Yogyakarta sendiri ada lima brand usaha kue selebritis, dari kelima brand tersebut peneliti memilih dua diantaranya Jogja Scrummy milik Dude Herlino dan Mamahke Jogja milik Zaskia Adya Mecca. Kedua usaha kuliner tersebut menyertakan Jogja dalam label produknya sebagai oleh-oleh khas daerah. Keduanya menawarkan produk yang hampir sama. Perbedaannya terletak pada bentuk kue dan kemasannya. Kemasan memiliki fungsi sebagai wadah untuk membungkus dan melindungi produk. Selain itu, kemasan juga berfungsi sebagai media identifikasi produk dipasar. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa kedua produk memiliki desain kemasan yang berbeda pada masing-masing produk dan memiliki ciri khas tersendiri. Kedua kemasan menempatkan diri masing-masing dalam benak konsumen dari brand image yang disajikan melalui tata visual desain kemasan. Oleh karenanya, disarankan bahwa pemilik usaha di bidang makanan khususnya kue dapat lebih memperhatikan dan menyadari bahwa tampilan visual dari desain kemasan dapat memberikan pengaruh pada citra merek. Hal ini akan membantu perusahaan memenangi persaingan pada industri kue di masa depan.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM
FAISAL, Muhammad Agusnim 1721102412
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHarsanto, Prayanto Widyonidn0011026307
Department: KODEPRODI91101#Penciptaan Dan Pengkajian Seni
Uncontrolled Keywords: Tata Visual, Desain Kemasan, Kue Selebritis, Yogyakarta
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 10 Nov 2020 08:17
Last Modified: 10 Nov 2020 08:17
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7120

Actions (login required)

View Item View Item