FAISAL, Muhammad Agus (2020) Tata Visual Pada Kemasan Kue Selebritis di Yogyakarta. Masters thesis, ISI Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (854kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (264kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
|
Text
jurnal tesis_muhammad Agus Faisal_1721102412.pdf Download (886kB) |
Abstract
Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai potensi pariwisata. Potensi pariwisata DIY mengembangkan berbagai inovasi di bidang kuliner. Fenomena saat ini yaitu inovasi bisnis kue yang dikenalkan oleh selebritis sejak Tahun 2014. Penelitian ini dibuat bertujuan mengetahui bagaimana tata visual pada kemasan kue selebritis di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif interpretative. Di Yogyakarta sendiri ada lima brand usaha kue selebritis, dari kelima brand tersebut peneliti memilih dua diantaranya Jogja Scrummy milik Dude Herlino dan Mamahke Jogja milik Zaskia Adya Mecca. Kedua usaha kuliner tersebut menyertakan Jogja dalam label produknya sebagai oleh-oleh khas daerah. Keduanya menawarkan produk yang hampir sama. Perbedaannya terletak pada bentuk kue dan kemasannya. Kemasan memiliki fungsi sebagai wadah untuk membungkus dan melindungi produk. Selain itu, kemasan juga berfungsi sebagai media identifikasi produk dipasar. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa kedua produk memiliki desain kemasan yang berbeda pada masing-masing produk dan memiliki ciri khas tersendiri. Kedua kemasan menempatkan diri masing-masing dalam benak konsumen dari brand image yang disajikan melalui tata visual desain kemasan. Oleh karenanya, disarankan bahwa pemilik usaha di bidang makanan khususnya kue dapat lebih memperhatikan dan menyadari bahwa tampilan visual dari desain kemasan dapat memberikan pengaruh pada citra merek. Hal ini akan membantu perusahaan memenangi persaingan pada industri kue di masa depan.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91101#Penciptaan Dan Pengkajian Seni | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Tata Visual, Desain Kemasan, Kue Selebritis, Yogyakarta | ||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual Penciptaan dan pengkajian seni |
||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Depositing User: | FL Agung Hartono | ||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2020 08:17 | ||||||
Last Modified: | 16 Aug 2021 01:18 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7120 |
Actions (login required)
View Item |