Dari Sasak Melihat Sasak “Klarifikasi Stigma tentang Masyarakat Tradisi”

KUMARA, Wisnu Aji (2020) Dari Sasak Melihat Sasak “Klarifikasi Stigma tentang Masyarakat Tradisi”. Masters thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (377kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Sering kali persepsi negatif kita terhadap sesuatu menimbulkan gejolak terhadapnya, seperti yang terjadi pada masyarakat Sasak, khususnya masyarakat tradisi yang sering kali mengalami berbagai stigma/ stereotype. Hal ini melatar belakangi saya untuk mengangkat tema tersebut sebagai upaya klarifikasi terhadap berbagai macam stigma dilihat dari sudut pandang masyarakat pendukungnya (masyarakat Sasak tradisional). Adapun tujuan dalam penulisan ini ialah menguraikan proses penciptaan karya seni berdasarkan tema DARI SASAK MELIHAT SASAK Klarifikasi Stigma tentang Masyarakat Tradisi”. Pada proses penciptaan karya seni ini, saya mengacau pada metode penciptaan yang digagas oleh David Campbell dengan tahapan Preparation, Concentration, Incubation, Illumination, dan Verification. Konsep penciptaan dalam karya seni ini diwujudkan melalui memahami kenteks dan konten stigma yang tercermin dalam masyarakat Sasak yang kemudian diwujudkan kedalam karya seni berupa lukisan dan instalasi. Pemiihan bentuk diawali dengan membuat klasifikasi mengenai stigma yang berkembang kemudian dikomparasikan dengan kepercayaan masyarakat tradisi, dari komparasi tersebut dapat diklasifikasikan kecenderungan bentuk yang akan digunakan dalam karya seni yang akan dibuat. dari hasil pengolahan ide serta konsep dalam penciptaan karya seni ini menghasilkan karya yang berjudul Jalan Sepi Menuju Bhikku, Mata-mata Api, Lampan Lahat Perjalanan Kematian), Berepoq (Tinggal menyepi) Kembali ke Batua, Di Antara Ombak dan Malam Keemasan, Mulud Cahye (Kelahiran Cahaya), Menuju Pusat Kosmos, Bulan Setengah Purnama, Idup Sopoq (Hidup Satu), Binger (Riuh) dan Sopoq-Telu (Satu-Tiga). Secara keseluruhan, tema dan karya-karya yang dihasilkan merupakan klarifikasi atas stigma yang berkembang tentang masyarakat Sasak tradisi serta indikasi bahwa begitu banyak kearifan lokal pada suku Sasak dapat diangkat menjadi karya seni yang bersifat kekinian (modern dan kontemporer).

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
KUMARA, Wisnu Ajinim1620969411
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMarianto,, Martinus Dwinidn1620969411
Department: KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI
Uncontrolled Keywords: Sasak, Stigma, Masyarakat Tradisi
Subjects: Seni Murni > Seni Lukis
Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 18 Nov 2020 04:12
Last Modified: 03 Jun 2024 08:49
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7147

Actions (login required)

View Item View Item