Wacana Lebaran Dalam Desain Iklan Ramayana Ramadhan #Kerenlahirbatin (Analisis Wacana Kritis Model Norman Fairclough)

Dewi, Ayu Wilis Ciptaning Sapta (2020) Wacana Lebaran Dalam Desain Iklan Ramayana Ramadhan #Kerenlahirbatin (Analisis Wacana Kritis Model Norman Fairclough). Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV Penutup.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Jurnal Ayu Wilis.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI AYUWILIS_AWK N. FAIRCLOUGH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.ac.id

Abstract

Perkembangan media periklanan di Indonesia mengalami evolusi mulai dari percetakan, elektronik, hingga sekarang menggunakan media baru/media sosial. Perubahan yang terjadi seiring dengan meningkatnya kebutuhan informasi, membuat pengiklan menggunakan media semua lini. Salah satu iklan tersebut ialah Ramayana Ramadhan #kerenlahirbatin menyambut Lebaran tahun 2018 diungah di YouTube oleh akun Ramayana Department Store. Iklan ini sangat menarik atensi masyarakat karena konsep jadul dan pendekatan humor yang digunakan. Iklan ini trending di YouTube setelah 2 hari di unggah. Tujuan penelitian ini ialah membongkar dan mencairkan ideologi yang mengikat iklan Ramayana Ramadhan #kerenlahirbatin menyambut Lebaran tahun 2018. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, dokumentasi dan wawancara. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Analisis menggunakan metode analisis wacana kritis model Norman Fairclough. Tahap analisisnya terdiri dari 3 dimensi, yaitu dimensi teks, dimensi diskursif, dan dimensi sosio-budaya. Iklan Ramayana Ramadhan #kerenlahirbatin menyambut lebaran bertujuan membangun citra perusahaan melalui konsep iklan yang menyesuaikan target audien menengah kebawah, masyarakat menengah kebawah mudah menerima informasi yang diselingi oleh hiburan humor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Dewi, Ayu Wilis Ciptaning Saptanim141 2311 024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorBanindro, Baskoro Suryonidn0022056503
ContributorAji, Daru Tunggulnidn0003018706
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: humor, jadul, Ramayana Ramadhan #kerenlahirbatin menyambut lebaran
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 25 Jan 2021 08:21
Last Modified: 25 Jan 2021 08:21
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7228

Actions (login required)

View Item View Item