Strategi Pembelajaran Tari Untuk Anak Usia Remaja Di Sanggar Tari Kembang Sore

Yuliati, Lia (2020) Strategi Pembelajaran Tari Untuk Anak Usia Remaja Di Sanggar Tari Kembang Sore. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
LIA YULIATI_2020_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
LIA YULIATI_2020_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LIA YULIATI_2020_BAB V PENUTUP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LIA YULIATI_2020_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (809kB)
[img] Text
LIA YULIATI_HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan strategi pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran tari untuk anak usia remaja di Sanggar Tari Kembang Sore. Pembelajaran tari untuk anak usia remaja di Sanggar Tari Kembang Sore menjadi salah satu wadah bagi perkembangan anak usia remaja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pelatih dan peserta didik STKS Cabang Bantul dan Ranting Kalasan. Objek penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran tari untuk anak usia remaja di STKS Cabang Bantul dan Ranting Kalasan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik validasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber data dan metode. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara mengumpulkan data, mengelompokkan data, menjabarkan data, melakukan sintesa, menyusun kedalam pola dan memilih yang penting kemudian membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran tari secara rutin hanya diadakan di Cabang dan Ranting sanggar. Penggunaan Strategi Pembelajaran disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan oleh STKS Pusat. Pembelajaran tari untuk anak usia remaja di Cabang Bantul menggunakan strategi pembelajaran kontekstual. Ranting Kalasan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan kooperatif. Strategi Pembelajaran yang dipilih sudah tepat karena dapat meningkatkan kreativitas anak dalam memaknai serta menjiwai tari sesuai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Yuliati, Lianim1610113017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSarjiwo, Sarjiwonidn0016096109
ContributorOctavianingrum, Dillanidn0008109103
Department: KODEPRODI188209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Tari untuk Anak Usia Remaja, Sanggar Tari Kembang Sore, Pembelajaran Tari, Strategi Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Lia Yuliati
Date Deposited: 13 Feb 2021 07:38
Last Modified: 13 Feb 2021 10:36
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7437

Actions (login required)

View Item View Item