Raggil Dimmaz Dewantara, NIM 1011459013 (2015) Proses Pembelajaran Kelas Musik Biola Tingkat Satu Secondary School Di Bina Bangsa School Malang Jawa Timur. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
BAB 1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 4.pdf Download (680kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Bina Bangsa School adalah salah satu sekolah internasional yang ada di Indonesia dan telah membuka beberapa cabang salah satunya di Malang Jawa Timur. Bahasa pengantar utama di sekolah ini adalah bahasa Inggris. Musik pada umumnya menjadi pelajaran ekstrakurikuler di sekolah umum, namun Bina Bangsa School telah menjadikan musik sebagai pelajaran intrakurikuler. Hal ini dimungkinkan karena setiap siswa wajib mengikuti kelas musik dan dalam kelas musik terdiri dari 8 – 10 murid. Salah satu instrumen musik yang diajarkan adalah biola yaitu alat musik chordophone yang sumber bunyinya adalah dawai atau senar yang ditegangkan. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini akan mengupas pendekatan konsep pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran kelas musik di Bina Bangsa School Malang Jawa Timur dan proses pembelajaran kelas musik biola di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kelas musik di Bina Bangsa School Malang mengkombinasikan beberapa unsur dari pendekatan konsep pembelajaran musik dari Dalcroze, Kodály, Orff dan Suzuki. Sementara itu aktifitas belajar dalam satu jam pelajaran pada kelas biola menggunakan beberapa metode untuk penyampaiannya, yaitu metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab, drilling (pengulangan secara intensif), mencatat dan menggunakan iringan. Langkah – langkah proses pembelajaran biolanya dimulai dari penyeteman (tuning), latihan memegang biola dan Bow (hanya diawal pertemuan), pemanasan, dan membaca materi lagu dari buku Essential Elements For String karya John Higgins. Hasil akhir dari pembelajaran musik ini adalah berupa pementasan dalam bentuk orkestra yang diadakan 2 sampai 3 kali dalam satu tahun dan setiap tahun diadakan konser gabungan antar cabang Bina Bangsa School seluruh Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | Program Studi S-1 Seni Musik pada Fakultas Seni Pertunjukan | ||||
Uncontrolled Keywords: | Bina Bangsa School, Proses Pembelajaran, Biola, siswa, Malang Jawa Timur | ||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||
Depositing User: | Ida ID Sriwahjudewi | ||||
Date Deposited: | 18 Nov 2015 07:47 | ||||
Last Modified: | 18 Nov 2015 07:47 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/752 |
Actions (login required)
View Item |