Perancangan Visual Branding Dusun Kiringan Sebagai Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan

Anggraeni, Nyundia Gian Fitri (2021) Perancangan Visual Branding Dusun Kiringan Sebagai Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Nyundia Gian F A_2021_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text
Nyundia Gian F A_2021_BAB I.pdf

Download (627kB)
[img] Text
Nyundia Gian F A_2021_BAB PENUTUP.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Nyundia Gian F A_2021_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB) | Request a copy
[img] Text
Nyundia Gian F A_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (879kB)
[img] Text
Nyundia Gian F A_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (80kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Banyak daerah di Indonesia melakukan upaya branding untuk mempromosikan wisata daerahnya kepada masyarakat luas. Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan adalah sebuah desa wisata yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta yang memiliki potensi Jamu Gendong. Meskipun sudah menjadi Desa Wisata namun sampai saat ini Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan belum memiliki identitas visual atau brand yang memadai, sehingga belum adanya identitas visual yang seharusnya dimiliki untuk melakukan promosi. Dalam keadaan pandemi Covid-19 saat ini, membuat jamu tradisional banyak diminati oleh masyarakat, sehingga hal ini merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk bisa lebih membranding Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan agar bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Metode perancangan yang akan digunakan adalah analisis SWOT yang akan menjelaskan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan. Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan memiliki potensi utama Jamu Gendong. Tidak hanya Jamu Gendong, namun Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan juga menghadirkan wisata edukasi tanaman toga dan cara membuat jamu tradisional. Dengan adanya potensi utama tersebut kemudian membuat konsep yang diwujudkan dalam sebuah rancangan. Dengan pendekatan SWOT diharapkan Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan dapat memiliki daya tarik yang tinggi sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas dan menarik wisatawan. Perancangan visual branding adalah salah satu upaya yang tepat untuk mengenalkan Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan kepada masyarakat luas akan potensi Jamu Gendongnya. Perancangan visual branding Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan sangat diperlukan untuk tetap melestarikan potensi-potensi yang ada agar tidak hilang begitu saja hingga masa mendatang. Dengan adanya branding yang baik dan tepat yang disampaikan kepada target audience maka akan lebih tepat sasaran dan lebih efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Anggraeni, Nyundia Gian Fitrinim1612395024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRahayu, Hestinidn0030077401
ContributorPrimayudi, Kadeknidn0015068106
Department: KODEPRODI90241#DESAINKOMUNIKASIVISUAL
Uncontrolled Keywords: Visual branding, Jamu Gendong, Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan, Promosi.
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Nyundia Gian Fitri Anggraeni
Date Deposited: 15 Feb 2021 06:43
Last Modified: 15 Feb 2021 06:43
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7549

Actions (login required)

View Item View Item