Nugroho, Bimo Wahyu (2021) Distribusi Musik Indie Di Indonesia Dalam Perkembangan Teknologi Digital. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Bimo Wahyu Nugroho_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (226kB) |
|
Text
Bimo Wahyu Nugroho_2021_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
|
Text
Bimo Wahyu Nugroho_2021_BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
Bimo Wahyu Nugroho_2021_BAB PENUTUP.pdf Download (225kB) |
|
Text
Bimo Wahyu Nugroho_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
Image
Bimo Wahyu Nugroho_2021_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pada era digital saat ini musik indie mulai diperhitungkan di industri musik Indonesia, khususnya di kalangan anak muda yang pada saat ini banyak sekali mendengarkan karya musik musisi indie melalui berbagai platform digital (YouTube, Spotify, iTunes). Industri musik di Indonesia mempunyai dua jalur, yaitu mayor label dan indie. Dua jalur tersebut memiliki sistem distribusi yang berbeda dalam menyebarkan karya musiknya. Mayor label dengan kemapananya dapat dengan mudah mendistribusikan karyanya dengan kerja sama melalui TV, radio, dan music store di seluruh Indonesia, sedangkan indie dengan kemandirianya dan dengan semangat DIY atau Do It Yourself berjuang sendiri untuk menyebarkan karyanya. Dengan adanya perkembangan teknologi digital pada saat ini mempermudah musisi indie untuk mendistribusikan karyanya melalui platform digital (YouTube, Spotify, iTunes). Hal tersebut membuat penulis tertarik untuk meneliti bagaimana distribusi musik indie di era digital saat ini supaya bisa sampai di telinga masyarakat luas. Penelitian ini menggunakan metode penelititan kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa distribusi melalui platform digital untuk musik indie sangatlah efektif dan efisien, karena bisa dilakukan secara mandiri dan mudah tanpa harus melakukan promosi di TV atau di media besar. Hal tersebut yang membuat perubahan mekanisme dalam mendistribusikan karya di industri musik Indonesia
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91221#MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Musik Indie, Distribusi Musik Indie, Era Digital. | |||||||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Bimo Wahyu Nugroho | |||||||||
Date Deposited: | 18 Feb 2021 12:17 | |||||||||
Last Modified: | 22 Feb 2021 04:11 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7735 |
Actions (login required)
View Item |