Manajemen Seni Pertunjukan Grand Concert Vicario Padzchestra Dalam Lagu Bunda di Auditorium Driyarkara Sanata Dharma

ARIFQON, M. Adam (2020) Manajemen Seni Pertunjukan Grand Concert Vicario Padzchestra Dalam Lagu Bunda di Auditorium Driyarkara Sanata Dharma. Skripsi thesis, UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.

[img] Text
Bab I.pdf

Download (662kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Naskah Publikasi.pdf

Download (365kB)
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Pertunjukan orkestra adalah perpaduan dari berbagai tingkat keterampilan musik setiap pemain musik. Pertunjukan orkestra bertajuk Grand Concert Vicario Padzchestra yang dilakukan oleh siswa-siswi SMA Negeri 3 Yogyakarta yang tergabung dalam ekstrakurikuler Padzchestra adalah kerja yang menerapkan keahlian berorganisasi dalam mengelola keterampilan bermusik siswa yang beragam. Fokus penelitian ini adalah memaparkan aktifitas manajemen yang digunakan Padzchestra baik dari segi musik maupun non-musik mulai dari pra persiapan konser hingga pasca konser. Salah satu lagu yang ditampilkan dalam konser tersebut yaitu Lagu Bunda, digunakan untuk memperlihatkan tahapan penguasaaan repertoar dalam latihan, manajemen target yang dilakukan oleh music director, kendala-kendala yang terjadi dalam proses latihan, antisipasi masalah beserta solusi dan pengawasan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan observasi non partisipan dan wawancara dengan sumber terpilih. Hasil penelitian menunjukan bahwa alokasi waktu yang digunakan diperhitungkan menggunakan sistem target dengan memanfaatkan waktu di luar jam pelajaran. Pendekatan Ellen Rosewall digunakan dalam mengulas kinerja panitia Padzchestra dan pemain yang terlibat. Tahapan pengelolaan manajemen yang diperhatikan adalah tahap perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan pengawasan. Di bidang musik pengaba sekaligus music director memegang peran penting untuk mengatur ritme dan target latihan. Pengolahan materi lagu Bunda dilakukan dengan pertimbangan anggota orkestra ini adalah siswa-siswi SMA dan anak-anak panti asuhan Griya Kasih Victory yang berada dalam tahap mempelajari instrumen. Ardiansyah sebagai music director memperhatikan penggunaan notasi yang banyak menggunakan nilai nada 1/4 dan 1/8. Sebagian besar aransemen dibuat dengan memperhatikan rentang yang nyaman untuk dimainkan pelajar. Target penguasaan lagu dicapai dengan latihan-latihan seksional instrumen serta pencapaian bagian per bagian lagu seperti intro, bait lagu, refren, dan interlude. Optimalisasi penggunaan waktu didukung oleh kerja tim manajemen non-musik sehingga target pertunjukan flashmob di 0 km Yogyakarta dan konser di Auditorium Driyarkara Sanata Dharma dapat tercapai. Kendalakendala latihan seperti ketidaklengkapan anggota dan ketidakdisiplinan memulai latihan diatasi dengan bantuan pengawas dan evaluasi secara sigap setiap terjadi vii masalah. Dengan total 97 pemain dan paduan suara, sekitar 70 panitia musik dan non-musik, hasil penjualan tiket sekitar 90 % kuota dan format orkestra lengkap yang dikerjakan sekitar 6 bulan diluar jam pelajaran, pertunjukan Grand Concert Vicario Padzchestra ini bisa dikatakan lancar dan mencapai target sesuai perencanaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
ARIFQON, M. Adamnim15100660131
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTRIPRASETYO, Gathut Bintarto Anidn0004097406
Department: ISI Yogyakarta
Uncontrolled Keywords: manajemen, orkestra, Padzchestra, Lagu Bund
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 05 Apr 2021 08:15
Last Modified: 05 Apr 2021 08:15
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8215

Actions (login required)

View Item View Item