Peran Metode Kodaly Dalam Meningkatkan Kemampuan Menebak Nada Pada Anak Kelas V Di Sd Kanisius Wates

Nooraida Heriyanti, NIM : 1011561013 (2014) Peran Metode Kodaly Dalam Meningkatkan Kemampuan Menebak Nada Pada Anak Kelas V Di Sd Kanisius Wates. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I Nooraidi.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id/

Abstract

Kemampuan bernyanyi dengan baik dapat diukur dari tingkat kepekaan dalam mendengarkan nada dan menyanyikan nada tersebut dengan pitch/bidikan nada yang tepat. Kemampuan mendengarkan nada dan menyanyikan nada dengan pitch yang tepat dapat ditingkatkan dengan cara melakukan latihan – latihan. Metode menjadi sarana penting untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah Metode Kodaly. Penelitian ini bertujuan mengetahui peran Metode Kodaly dalam meningkatkan kemampuan anak menebak nada. Metode Kodaly merupakan pendekatan pendidikan musik dengan menggunakan cara bernyanyi dan menggunakan simbol – simbol nada dengan gerakan tubuh . Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah penerapan Metode Kodaly dalam proses belajar menyanyi pada paduan suara selama 10 kali pertemuan, siswa SD Kanisius Wates sudah dapat menyanyi dengan lebih baik, dan dengan pitch yang benar dengan diterapkannya hand-signs. Respons positif dari para narasumber terhadap penerapan metode Kodaly adalah metode Kodaly sebagai metode yang baru untuk mereka, dan menjadikan proses pembelajaran paduan suara lebih menyenangkan dan mudah dipahami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Nooraida Heriyanti, NIM : 1011561013UNSPECIFIED
Department: Program Studi S-1 Seni Musik pada Fakultas Seni Pertunjukan
Uncontrolled Keywords: Metode Kodaly, Menebak nada, Paduan Suara, kemampuan anak, simbol nada
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 18 Nov 2015 05:56
Last Modified: 18 Nov 2015 05:56
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/842

Actions (login required)

View Item View Item