Harjanto, Ikwan Aditya (2020) Proses Pembelajaran Instrumen Angklung Dengan Metode Hand Sign di TK BA Salam 1 Magelang. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (536kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (176kB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
JURNAL.pdf Download (536kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran instrumen angklung di TK Bustanul Athfal Salam 1 Magelang dengan menggunakan metode hand sign Kodály. Partisipan dari kegiatan ini ialah anak-anak kurang lebih berusia lima tahun hingga tujuh tahun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, metode kualitatif deskriptif adalah metode penelitian yang menggambarkan atau melukiskan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta atau sebagaimana adanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode hand sign Kodály pada proses pembelajaran musik angklung di TK BA Salam 1 Magelang membantu pengajar musik, khususnya bagi pengajar musik untuk anak usia taman kanak-kanak yang mayoritas belum memahami notasi musik, penggunaan bagian tubuh manusia sebagai suatu simbol notasi memiliki kelebihan yakni dapat memusatkan fokus peserta didik dengan apa yang sampaikan oleh guru, untuk melatih respon peserta didik diperlukan penerapan dari teori belajar behavioristic yaitu pembiasaan dan pengulangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91221#SENI MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Angklung, Pembelajaran, Hand Sign Kadaly | |||||||||
Subjects: | Seni Musik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Bandono BD Bandono | |||||||||
Date Deposited: | 10 Jun 2021 07:46 | |||||||||
Last Modified: | 10 Jun 2021 07:46 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8512 |
Actions (login required)
View Item |