Penerapan Metode Scott Tennant Dalam Pembelajaran Gitar Klasik di Rumah Musik Sole Mio Magelang

Kurniahu, Jhosia Febrian (2020) Penerapan Metode Scott Tennant Dalam Pembelajaran Gitar Klasik di Rumah Musik Sole Mio Magelang. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (855kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (231kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (927kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Instrumen gitar klasik merupakan salah satu instrumen yang memiliki banyak penggemar, dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Sebagian penikmat sebatas mendengarkan bunyi dan sebagian yang ingin mengenalnya dengan cara memainkan. Banyak orang yang ingin secara mempelajari gitar klasik sebagai ilmu atau sumber referensi dalam berkreasi. Permasalahan yang sering muncul dalam kegiatan pembelajaran gitar klasik adalah rendahnya minat, motivasi, kurang aktifnya siswa, serta hasil belajar siswa yang cenderung biasa-biasa saja. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian terapan yang menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif menggunakan metode Scott Tennant. Penerapan metode ini diharapkan dapat meningkatkan minat atau motivasi, keaktifan, serta hasil belajar siswa secara signifikan. Penelitian ini berfokus pada penerapan dan pengembangan metode pembelajaran Scott Tennant dalam proses pembelajaran gitar klasik melalui aplikasi online yang dipadukan dengan pendekatan moderen agar kegiatan belajar menjadi mudah, efektif, dan menyenangkan. Kegiatan penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif deskriptif, data yang diperoleh peneliti diolah dalam bentuk paragraf. Penentuan responden dilakukan secara acak, yaitu siswa gitar klasik di Rumah Musik Sole Mio Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengamati pembelajaran setiap siswa secara langsung. Poin pengamatan dilakukan dengan memperhatikan teknik mengajar, materi, dan sikap yang ditunjukkan oleh siswa. Hasil penerapan metode ini menunjukkan bahwa siswa terbantu dan mempermudah proses pembelajaran gitar klasik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Kurniahu, Jhosia Febriannim16100800131
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDKustap, Kustapnidn0001076707
UNSPECIFIEDMartopo, Harinidn0014125602
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: Metode Scott Tennant, pendekatan moderen, pembelajaran
Subjects: Musik > Penyajian musik (musik pertunjukan dan pop-jazz)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Bandono BD Bandono
Date Deposited: 11 Jun 2021 01:50
Last Modified: 11 Jun 2021 01:50
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8521

Actions (login required)

View Item View Item