Octaviana Santoso, Melisa (2021) Penerapan Tangga Nada Pentatonik dalam Improvisasi Lagu Takarajima Karya Hirotaka Izumi. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Melisa Octaviana S_2021_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
Melisa Octaviana S_2021_BAB I.pdf Download (649kB) |
|
Text
Melisa Octaviana S_2021_BAB V.pdf Download (271kB) |
|
Text
Melisa Octaviana S_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (923kB) |
|
Text
Melisa Octaviana S_2021_PERNYATAAN-PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) | Request a copy |
|
Video
Melisa Octaviana S_2021_LAMPIRAN 1.mp4 Restricted to Repository staff only Download (41MB) | Request a copy |
|
Text
Melisa Octaviana S_2021_LAMPIRAN 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Image
maxresdefault.jpg Restricted to Repository staff only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text
watch_v=QhS0S6pQhKE&feature=youtu.be Restricted to Repository staff only Download (451kB) | Request a copy |
|
Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found Download (0B) |
Abstract
Tangga nada pentatonik adalah salah satu bahan improvisasi yang relatif sederhana dibandingkan dengan bahan improvisasi lain. Tidak jarang, terjadi praktik improvisasi yang terkesan monoton yang disebabkan oleh kurang berkembangnya ide-ide frasa serta minimnya penggunaan variasi dalam mengolah unsur-unsur tangga nada. Tugas akhir resital ini ditujukan untuk memperkaya konsepsi penerapan unsur-unsur tangga nada pentatonik ke dalam praktik improvisasi melalui pilihan jenis akor serta pengembangan bentuk frasa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan cara mengumpulkan sumber pustaka, webtografi, diskografi, serta melakukan wawancara terhadap narasumber yang berkompeten. Lagu yang dipilih sebagai wadah penerapan teknik-teknik dimaksud adalah lagu Takarajima ciptaan Hirotaka Izumi yang dibawakan dalam formasi trio, yaitu keyboard, bas, dan drum set. Pilihan lagu tersebut didasarkan pada kompleksitas komponen musikal yang terkandung di dalamnya seperti progresi akor yang variatif serta modulasi dan sinkopasi yang sangat menarik untuk diolah secara lebih mendalam. Penerapan tangga nada pentatonik pada lagu Takarajima ini berhasil diterapkan berdasarkan salah satu unsur nada akor menjadi dasar (root) pada akor baru di atas akor sebelumnya atau penumpukkan dua akor yang biasa disebut dengan istilah superimposition. Di dalam harmonisasi (akor) terdapat nada ekstensi seperti nada ke-9, 11, 13 serta nada alterasi yang juga dapat memperkaya atau memperluas wilayah improvisasi. Di sisi lain, pengembangan frasa tangga nada pentatonik dilakukan dengan cara menambahkan unsur blue note, kromatis, grace note, drone note, serta penggunaan double-note dengan interval 4th, 5th, dan 6th. Kata kunci: penerapan improvisasi, tangga nada pentatonik, superimposition, nada ekstensi, nada alterasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91321#PENYAJIAN MUSIK | ||||||
Uncontrolled Keywords: | penerapan improvisasi, tangga nada pentatonik, superimposition, nada ekstensi, nada alterasi | ||||||
Subjects: | Musik > Penyajian musik (musik pertunjukan dan pop-jazz) | ||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||||
Depositing User: | Melisa Octaviana Santoso | ||||||
Date Deposited: | 17 Aug 2021 02:44 | ||||||
Last Modified: | 10 Jan 2023 07:10 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8757 |
Actions (login required)
View Item |