Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Musik Keroncong Di Komunitas Keroncong Anak Jombang Pada Kelas Lanjutan

Mahardika, Krisna (2021) Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Musik Keroncong Di Komunitas Keroncong Anak Jombang Pada Kelas Lanjutan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Krisna Mahardika_2021_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Krisna Mahardika_2021_BAB I.pdf

Download (845kB)
[img] Text
Krisna Mahardika_2021_BAB PENUTUP.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Krisna Mahardika_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (355kB)
[img] Text
Krisna Mahardika_2021_LAMPIRAN 1. MATERI PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Krisna Mahardika_2021_LAMPIRAN 2. PROSES PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text
Krisna Mahardika_2021_LAMPIRAN 3. KEGIATAN KKAJ.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text
Krisna Mahardika_2021_LAMPIRAN 4. DAFTAR NAMA SISWA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text
Krisna Mahardika_2021_LAMPIRAN 5. DOKUMENTASI FOTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text
Krisna Mahardika_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Komunitas Keroncong Anak Jombang (KKAJ) merupakan salah satu sanggar keroncong yang ada di Jombang Jawa Timur. Sanggar KKAJ sering mengikuti perlombaan keroncong dan telah meraih beberapa prestasi tingkat Kabupaten dan Provinsi. Sanggar KKAJ menerapkan pembelajaran dengan metode tutor sebaya, hal ini sangat khas dan berbeda dari sanggar lain di Jombang. Metode tutor sebaya memiliki beberapa keuntungan, diantaranya siswa-siswi menjadi lebih akrab dan tidak mempunyai rasa canggung apabila kurang mengerti dan memahami materi yang diajarkan, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode pembelajaran tutor sebaya musik keroncong di KKAJ pada kelas lanjutan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pelatih dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Data divalidasi menggunakan teknik triangulasi, sedangkan analisisnya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran tutor sebaya musik keroncong di KKAJ pada kelas lanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya musik keroncong di kelas lanjutan berjalan efektif dan efesien. Siswa dapat menerima materi dengan baik dan dapat memainkan materi yang diberikan pelatih sesuai dengan teknik yang diajarkan. Interaksi antar siswa dan interaksi antara siswa dengan tutor, baik dalam proses pembelajaran maupun pentas, sangat antusias dan kompak. Kata kunci: Pembelajaran Keroncong, Tutor Sebaya, KKAJ

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Mahardika, Krisnanim1710138017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRaharja, Budinidn0012015707
ContributorDjatmiko, Gandungnidn0004116108
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Keroncong, Tutor Sebaya, KKAJ
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Krisna Mahardika
Date Deposited: 18 Aug 2021 01:17
Last Modified: 18 Aug 2021 01:17
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8826

Actions (login required)

View Item View Item