Mahardika, Krisna (2021) Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Musik Keroncong Di Komunitas Keroncong Anak Jombang Pada Kelas Lanjutan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Krisna Mahardika_2021_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
Krisna Mahardika_2021_BAB I.pdf Download (845kB) |
|
Text
Krisna Mahardika_2021_BAB PENUTUP.pdf Download (265kB) |
|
Text
Krisna Mahardika_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (355kB) |
|
Text
Krisna Mahardika_2021_LAMPIRAN 1. MATERI PEMBELAJARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
Krisna Mahardika_2021_LAMPIRAN 2. PROSES PEMBELAJARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text
Krisna Mahardika_2021_LAMPIRAN 3. KEGIATAN KKAJ.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) | Request a copy |
|
Text
Krisna Mahardika_2021_LAMPIRAN 4. DAFTAR NAMA SISWA.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) | Request a copy |
|
Text
Krisna Mahardika_2021_LAMPIRAN 5. DOKUMENTASI FOTO.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) | Request a copy |
|
Text
Krisna Mahardika_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
Abstract
Komunitas Keroncong Anak Jombang (KKAJ) merupakan salah satu sanggar keroncong yang ada di Jombang Jawa Timur. Sanggar KKAJ sering mengikuti perlombaan keroncong dan telah meraih beberapa prestasi tingkat Kabupaten dan Provinsi. Sanggar KKAJ menerapkan pembelajaran dengan metode tutor sebaya, hal ini sangat khas dan berbeda dari sanggar lain di Jombang. Metode tutor sebaya memiliki beberapa keuntungan, diantaranya siswa-siswi menjadi lebih akrab dan tidak mempunyai rasa canggung apabila kurang mengerti dan memahami materi yang diajarkan, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode pembelajaran tutor sebaya musik keroncong di KKAJ pada kelas lanjutan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pelatih dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Data divalidasi menggunakan teknik triangulasi, sedangkan analisisnya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran tutor sebaya musik keroncong di KKAJ pada kelas lanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya musik keroncong di kelas lanjutan berjalan efektif dan efesien. Siswa dapat menerima materi dengan baik dan dapat memainkan materi yang diberikan pelatih sesuai dengan teknik yang diajarkan. Interaksi antar siswa dan interaksi antara siswa dengan tutor, baik dalam proses pembelajaran maupun pentas, sangat antusias dan kompak. Kata kunci: Pembelajaran Keroncong, Tutor Sebaya, KKAJ
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Keroncong, Tutor Sebaya, KKAJ | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Krisna Mahardika | |||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2021 01:17 | |||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2021 01:17 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8826 |
Actions (login required)
View Item |