Pembelajaran Seni Musik Berbasis Microsoft Teams di Kelas VII B SMP Negeri 12 Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021

Abd. Gani, Asrul (2021) Pembelajaran Seni Musik Berbasis Microsoft Teams di Kelas VII B SMP Negeri 12 Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Asrul Abd. Gani_2021_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Asrul Abd. Gani_2021_BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Asrul Abd. Gani_2021_BAB V.pdf

Download (116kB)
[img] Text
Asrul Abd. Gani_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (313kB)
[img] Text
Asrul Abd. Gani_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Pembelajaran secara daring tentunya memerlukan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mata pelajaran yang diajarkan oleh guru. Proses belajar mengajar seni musik tentu harus bisa diseimbangkan antara teori dan praktik meskipun dalam situasi pandemic Covid-19. Penggunaan aplikasi Microsoft Teams pada pembelajaran seni musik secara daring ini membantu guru untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran seni musik berbasis Microsoft Teams di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber, sedangkan analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Objek pada penelitian ini yaitu penggunaan Microsoft Teams pada pembelajaran seni musik dan subjek pada penelitian ini yaitu guru dan peserta didik kelas VII B. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Microsoft Teams pada pembelajaran seni khususnya seni musik dapat membantu guru untuk mengajarkan teori serta praktik yang baik meskipun tidak di dalam kelas. Aplikasi Microsoft Teams mempermudah peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran secara daring, mengumpulkan tugas, dan membaca materi yang diunggah oleh guru di aplikasi Microsoft Teams. Fitur yang disediakan oleh aplikasi Microsoft Teams membantu proses pembelajaran secara daring khususnya seni musik dengan materi bernyanyi secara unisono dan hasil pembelajaran yang didapatkan di atas rata-rata kriteria ketuntasan minimal. Kata Kunci: Pembelajaran daring, Pembelajaran Seni Musik, Microsoft Teams

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Abd. Gani, Asrulnim1710161017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRatri Probosini, Agustinanidn0014086417
ContributorOctavianingrum, Dillanidn0008109103
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, Pembelajaran Seni Musik, Microsoft Teams
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Asrul Abd. Gani
Date Deposited: 14 Aug 2021 12:18
Last Modified: 14 Aug 2021 12:18
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8831

Actions (login required)

View Item View Item