Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Tari Sekar Pudyastuti Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Seni

Winda Damayanti, Hanifah (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Tari Sekar Pudyastuti Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Seni. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
HANIFAH WINDA D_2021_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
HANIFAH WINDA D_2021_BAB I.pdf

Download (689kB)
[img] Text
HANIFAH WINDA_2021_BAB V.pdf

Download (328kB)
[img] Text
HANIFAH WINDA_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (443kB)
[img] Text
Hanifah Winda_2021_Persetujuan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Pada saat ini anak-anak kurang memahami dan mengerti tentang nilai karakter, dan kurangnya melestarikan kesenian daerah yaitu seni tari klasik gaya Yogyakarta khususnya Tari Sekar Pudyastuti. Menarikan tari klasik tanpa mengetahui isi atau pesan yang ingin disampaikan pencipta tari merupakan permasalahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada Tari Sekar Pudyastuti dan relevansinya dalam pembelajaran seni budaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian yaitu ketua sanggar, pamong atau guru tari, dan siswa. Teknik validasi data yang digunakan ini yaitu triangulasi sumber, membandingkan data yang diperoleh dan crosscheck kepada narasumber. Selanjutnya data yang diperoleh analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tari Sekar Pudyastuti merupakan tarian yang bertemakan keselamatan atau doa kepada Tuhan. Tari Sekar Pudyastuti mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada gerak tari, kostum tari dan lagon/gérongan. Nilai-nilai pendidikan karakter meliputi nilai religius, tanggung jawab, toleransi, disiplin, demokratis, rasa dan karsa, rendah hati, mawas diri, dan filosofi kehidupan manusia. Nilai-nilai pendidikan pada Tari Sekar Pudyastuti, memiliki relevansi dengan pembelajaran seni budaya di Sekolah Menengah Atas (SMA) sehingga relevan dijadikan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Winda Damayanti, Hanifahnim1710125017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSarjiwo, Sarjiwonidn001609609
ContributorRatri Probosini, Agustinanidn0014086417
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKANSENIPERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Tari Sekar Pudyastuti, Pembelajaran Seni.
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Hanifah Winda Damayanti
Date Deposited: 20 Aug 2021 01:31
Last Modified: 20 Aug 2021 01:31
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8838

Actions (login required)

View Item View Item