Metode Pembelajaran Tari Gendro Berbasis Karakter Gerak di Sanggar Budaya Nusantara Kediri Jawa Timur

Febriana, Eka (2021) Metode Pembelajaran Tari Gendro Berbasis Karakter Gerak di Sanggar Budaya Nusantara Kediri Jawa Timur. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
EKA FEBRIANA_2021_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
EKA FEBRIANA_2021_BAB I.docx (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
EKA FEBRIANA_2021_BAB V (1) (1).pdf

Download (477kB)
[img] Text
EKA FEBRIANA_2021_JURNAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
EKA FEBRIANA_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id/

Abstract

Metode pembelajaran merupakan cara yang dilakukan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran. Tidak berbeda dengan pembelajaran seni tari, pelatih juga mempunyai cara untuk mengajarkan ragam gerak tari yang dipelajari. Dengan adanya karakter gerak, menjadikan siswa harus mendalami materi tersebut dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran Tari Gendro berbasis karakter gerak di Sanggar Budaya Nusantara Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif untuk mendeskripsikan metode pembelajaran Tari Gendro berbasis karakter gerak. Fokus pembahasan pada penelitian ini adalah metode yang digunakan dalam menyampaikan materi gerak laki-laki dan perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kemudian data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam materi gerak laki-laki dan perempuan yaitu pada penekanan gerak dari segi tenaga dan volume. Beberapa tahapan yang digunakan pelatih dalam pembelajaran Tari Gendro ialah melalui tahap pengetahuan dengan menggunakan metode ceramah, kemudian tahap pengamatan, pemberian gerakan dasar, dan materi ragam gerak menggunakan metode domonstrasi dan imitasi. Pada tahap evaluasi menggunakan metode tanya jawab. Kata Kunci: metode, pembelajaran, sanggar, Gendro.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Febriana, Ekanim1710122017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorDjatmiko, Gandungnidn0004116108
ContributorRaharja, Budinidn0012015707
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKANSENIPERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: metode, pembelajaran, sanggar, Gendro
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Eka Febriana
Date Deposited: 18 Aug 2021 01:20
Last Modified: 18 Aug 2021 01:20
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8888

Actions (login required)

View Item View Item