Khalsum, Ummy (2020) Pembelajaran Piano Untuk Penyandang Autisme Klasik di Modern Kawai Music School Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Ummy Khalsum_2020_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
Ummy Khalsum_2020_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ummy Khalsum_2020_BAB IV.pdf Download (98kB) |
|
Text
Ummy Khalsum_2020_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Ummy Khalsum_2020_JURNAL.pdf Download (503kB) |
Abstract
Musik tidak hanya dinikmati oleh orang-orang yang berbakat atau anak-anak yang dikaruniai lingkungan musikal yang cukup. Setiap anak yang dilahirkan mempunyai hak dan kemampuan untuk menikmati musik, termasuk anak yang mendapatkan penanganan khusus. Salah satu kekhususan yang ada tersebut adalah autisme atau biasa dikenal autism spectrum disorder (ASD). Namun dalam penelitian ini hanya berfokus pada jenis anak autisme Pervasive Developmental Disorder, Not Otherwise Specified dan Syndrome Asperger. Seorang autisme dengan kelainan perkembangan sistem saraf sangatlah membutuhkan treatment terapi perilaku, salah satunya dengan mempelajari musik. Tempat penelitian dilakukan di Modern Kawai Music School Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan proses pembelajaran piano untuk siswa autisme dan menyelidiki apakah dengan menggunakan musik akan meningkatkan keterampilan dan respons dari anak autisme. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian anak autisme dan objek penelitiannya adalah pembelajaran piano. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode listening, moving dan kurikulum Fun and Grow sebagai buku panduan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perkembangan yang jauh lebih membaik terhadap kemampuan musikal siswa melalui pendengaran, perubahan tingkah laku berupa respon fisik, dan pengembangan bahasa dalam berkomunikasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI87121#PENDIDIKAN MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran piano, autisme, modern kawai, moving | |||||||||
Subjects: | Seni Musik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | sugeng SW wahyuntini | |||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2021 06:51 | |||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2021 06:51 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8950 |
Actions (login required)
View Item |