Pembelajaran Piano Untuk Penyandang Autisme Klasik di Modern Kawai Music School Yogyakarta

Khalsum, Ummy (2020) Pembelajaran Piano Untuk Penyandang Autisme Klasik di Modern Kawai Music School Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Ummy Khalsum_2020_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Ummy Khalsum_2020_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ummy Khalsum_2020_BAB IV.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Ummy Khalsum_2020_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Ummy Khalsum_2020_JURNAL.pdf

Download (503kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Musik tidak hanya dinikmati oleh orang-orang yang berbakat atau anak-anak yang dikaruniai lingkungan musikal yang cukup. Setiap anak yang dilahirkan mempunyai hak dan kemampuan untuk menikmati musik, termasuk anak yang mendapatkan penanganan khusus. Salah satu kekhususan yang ada tersebut adalah autisme atau biasa dikenal autism spectrum disorder (ASD). Namun dalam penelitian ini hanya berfokus pada jenis anak autisme Pervasive Developmental Disorder, Not Otherwise Specified dan Syndrome Asperger. Seorang autisme dengan kelainan perkembangan sistem saraf sangatlah membutuhkan treatment terapi perilaku, salah satunya dengan mempelajari musik. Tempat penelitian dilakukan di Modern Kawai Music School Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan proses pembelajaran piano untuk siswa autisme dan menyelidiki apakah dengan menggunakan musik akan meningkatkan keterampilan dan respons dari anak autisme. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian anak autisme dan objek penelitiannya adalah pembelajaran piano. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode listening, moving dan kurikulum Fun and Grow sebagai buku panduan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perkembangan yang jauh lebih membaik terhadap kemampuan musikal siswa melalui pendengaran, perubahan tingkah laku berupa respon fisik, dan pengembangan bahasa dalam berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Khalsum, Ummynim16100890131
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorKustap, KustapUNSPECIFIED
ContributorRohana Sitorus, ErithaUNSPECIFIED
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: pembelajaran piano, autisme, modern kawai, moving
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: sugeng SW wahyuntini
Date Deposited: 16 Aug 2021 06:51
Last Modified: 16 Aug 2021 06:51
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8950

Actions (login required)

View Item View Item