Scativana Isnaeni, Dwi (2021) Metode Pembelajaran Teater Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Di Smkn 1 Bawang, Banjarnegara. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Dwi Scativana_2021_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
Dwi Scativana_2021_BAB V.pdf Download (217kB) |
|
Text
Dwi Scativana_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (259kB) |
|
Text
DWI SCATIVANA ISNENI_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) | Request a copy |
|
Text
Dwi Scativana_2021_BAB I.pdf Download (935kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui metode pembelajaran dan penerapan metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran drama di Teater Skansa SMKN 1 Bawang, Banjarnegara. Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana pembelajaran yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal. Metode penelitan yang digunakan adalah kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumetasi selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Teknik validasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber data dan metode. Triangulasi sumber dalam penelitian ini dengan cara mengecek sumber data dari pembina, pelatih, alumni dan peserta didik anggota Teater Skansa untuk mengetahui proses pembelajaran Teater Skansa, sedangkan triangulasi metode mengecek kebenaran data yang berasal dari metode observasi dan wawancara. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan. Teater Skansa merupakan kegiatan ekstrakurikuler pilihan di SMKN 1 Bawang dalam bidang pengembangan minat dan bakat dibidang seni dan budaya. Pementasan Teater Skansa meliputi pementasan rutin, pementasan partisipasi atau undangan, dan pentas dalam rangka perlombaan. Pembelajaran drama di Teater Skansa terangkum dalam kegiatan latihan rutin, maupun latihan pementasan. Hasil penelitian berdasarkan analisis tiga pementasan drama yang dilaksanakan Teater Skansa, menunjukkan bahwa Teater Skansa dalam pembelajaran drama menggunakan metode pembelajaran sebagai berikut; metode ceramah, metode demonstrasi, metode imitasi, metode latian/drill, metode diskusi, metode tanya jawab, dan metode hybrid learning. Penggunaan metode tersebut sudah tepat karena proses pembelajaran dapat dilakukan dengan baik, selain itu, peserta didik dapat menguasai materi dengan benar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Teater, Kegiatan Ekstrakurikuler, SMKN 1 Bawang. | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Dwi Scativana Isnaeni | |||||||||
Date Deposited: | 19 Aug 2021 06:31 | |||||||||
Last Modified: | 20 Aug 2021 04:47 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9091 |
Actions (login required)
View Item |