Jalu Pamungkas, Putra (2021) Platform Digital Sebagai Strategi Promosi Pada Uyon Uyon Hadiluhung Di Kraton Yogyakarta. Masters thesis, ISI Yogyakarta.
Text
Putra Jalu Pamungkas_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (787kB) |
|
Text
Putra Jalu Pamungkas_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text
Putra Jalu Pamungkas_2021_NASKAH FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
Putra Jalu Pamungkas_2021_BAB I.pdf Download (304kB) |
|
Text
Putra Jalu Pamungkas_2021_BAB V.pdf Download (75kB) |
Abstract
Penelitian mengenai strategi promosi menggunakan platform digital sangat diperlukan bagi penyelenggara sektor seni pertunjukan. Pada era sekarang platform digital menjadi salah satu kunci utama dalam mengkomunikasikan sebuah informasi kepada publik. Berdasarkan studi kasus pada Uyon Uyon Hadiluhung yang diselenggarakan di Kraton Yogyakarta, peneliti menganalisis hubungan antara strategi promosi dengan jumlah pengunjung live viewers. Frekuensi, konten, media, durasi dan waktu merupakan kelima variabel yang didapatkan untuk dapat menganalisis dampak media promosi dalam platform digital pada jumlah live viewers. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian semi kuantitatif. Data penelitian berdasarkan sajian Uyon Uyon Hadiluhung dari bulan Januari 2019 hingga bulan Januari 2020. Data secara keseluruhan berjumlah sembilan sajian dalam satu tahun penyelenggaraan, maka semua data akan dijadikan sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini memperoleh hasil adanya pengaruh strategi promosi yang dipublikasikan melalui platform digital terhadap jumlah pengunjung live viewers. Hal tersebut menunjukkan bahwa platform digital merupakan media yang efektif digunakan sebagai media promosi oleh penyelenggara acara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah promosi melalui platform digital berpengaruh terhadap jumlah live viewers. Saran yang dapat disampaikan adalah penyelenggara acara sebaiknya mengutamakan penggunaan Instagram sebagai sarana platform digital yang digunakan untuk media promosi. Akan tetapi mengingat beberapa platform digital yang lain juga memiliki korelasi postif dengan jumlah live viewers, maka platform digital yang lain juga tetap digunakan sesuai dengan karakteristik yang dimiliki oleh masing masing platform digital. Kata Kunci : platform digital, live viewers, Uyon Uyon Hadiluhung, strategi promosi, Kraton Yogyakarta
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91102#S2TATA KELOLA SENI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | platform digital, live viewers, Uyon Uyon Hadiluhung, strategi promosi, Kraton Yogyakarta | |||||||||
Subjects: | Tata kelola seni | |||||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Program Studi Tata kelola seni | |||||||||
Depositing User: | Putra Jalu Pamungkas | |||||||||
Date Deposited: | 20 Aug 2021 06:14 | |||||||||
Last Modified: | 20 Aug 2021 06:14 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9097 |
Actions (login required)
View Item |