Platform Digital Sebagai Strategi Promosi Pada Uyon Uyon Hadiluhung Di Kraton Yogyakarta

Jalu Pamungkas, Putra (2021) Platform Digital Sebagai Strategi Promosi Pada Uyon Uyon Hadiluhung Di Kraton Yogyakarta. Masters thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Putra Jalu Pamungkas_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (787kB)
[img] Text
Putra Jalu Pamungkas_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text
Putra Jalu Pamungkas_2021_NASKAH FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Putra Jalu Pamungkas_2021_BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Putra Jalu Pamungkas_2021_BAB V.pdf

Download (75kB)
Official URL: https://lib/isi.ac.id/

Abstract

Penelitian mengenai strategi promosi menggunakan platform digital sangat diperlukan bagi penyelenggara sektor seni pertunjukan. Pada era sekarang platform digital menjadi salah satu kunci utama dalam mengkomunikasikan sebuah informasi kepada publik. Berdasarkan studi kasus pada Uyon Uyon Hadiluhung yang diselenggarakan di Kraton Yogyakarta, peneliti menganalisis hubungan antara strategi promosi dengan jumlah pengunjung live viewers. Frekuensi, konten, media, durasi dan waktu merupakan kelima variabel yang didapatkan untuk dapat menganalisis dampak media promosi dalam platform digital pada jumlah live viewers. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian semi kuantitatif. Data penelitian berdasarkan sajian Uyon Uyon Hadiluhung dari bulan Januari 2019 hingga bulan Januari 2020. Data secara keseluruhan berjumlah sembilan sajian dalam satu tahun penyelenggaraan, maka semua data akan dijadikan sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini memperoleh hasil adanya pengaruh strategi promosi yang dipublikasikan melalui platform digital terhadap jumlah pengunjung live viewers. Hal tersebut menunjukkan bahwa platform digital merupakan media yang efektif digunakan sebagai media promosi oleh penyelenggara acara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah promosi melalui platform digital berpengaruh terhadap jumlah live viewers. Saran yang dapat disampaikan adalah penyelenggara acara sebaiknya mengutamakan penggunaan Instagram sebagai sarana platform digital yang digunakan untuk media promosi. Akan tetapi mengingat beberapa platform digital yang lain juga memiliki korelasi postif dengan jumlah live viewers, maka platform digital yang lain juga tetap digunakan sesuai dengan karakteristik yang dimiliki oleh masing masing platform digital. Kata Kunci : platform digital, live viewers, Uyon Uyon Hadiluhung, strategi promosi, Kraton Yogyakarta

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Jalu Pamungkas, Putranim1720130420
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTyasrinestu, Fortunatanidn197210232002122001
ContributorPark, JeannieUNSPECIFIED
Department: KODEPRODI91102#S2TATA KELOLA SENI
Uncontrolled Keywords: platform digital, live viewers, Uyon Uyon Hadiluhung, strategi promosi, Kraton Yogyakarta
Subjects: Tata kelola seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Program Studi Tata kelola seni
Depositing User: Putra Jalu Pamungkas
Date Deposited: 20 Aug 2021 06:14
Last Modified: 20 Aug 2021 06:14
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9097

Actions (login required)

View Item View Item