Des' Asa Zuniga Rupadatu, Freund (2021) Metode Pembelajaran Campuran (Eclectic Methods) pada Tari Krincing Kuning di Sanggar Tari Krincing Manis Yogyakarta. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.
Text
Freund Des' Asa Zuniga Rupadatu_2021_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (369MB) | Request a copy |
|
Text
Freund Des' Asa Zuniga Rupadatu_2021_BAB I.pdf Download (872kB) |
|
Text
Freund Des' Asa Zuniga Rupadatu_2021_BAB V.pdf Download (367kB) |
|
Text
Freund Des' Asa Zuniga Rupadatu_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (19MB) |
|
Text
Freund Des' Asa Zuniga Rupadatu_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) | Request a copy |
Abstract
Menarikan Tari Krincing Kuning diperlukan fisik yang kuat, kepekaan terhadap musik, dapat bekerja sama untuk menyatukan rasa dalam menggerakkan tubuh dan krincing. Penerapan metode pembelajaran harus tepat sehingga peserta didik dapat menarikan Tari Krincing Kuning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan Metode Pembelajaran Campuran (Eclectic Methods) pada pembelajaran Tari Krincing Kuning di Sanggar Tari Krincing Manis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dari pimpinan sanggar, pengajar dan peserta didik Tari Krincing Kuning di Sanggar Tari Krincing Manis Yogyakarta, sedangkan sumber data sekundernya berupa data yang tersusun dalam bentuk dokumen seperti foto dan video pembelajaran Tari Krincing Kuning. Tahap analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Tari Krincing Kuning menggunakan metode pembelajaran campuran (eclectic methods). Metode-metode pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran Tari Krincing Kuning merupakan kombinasi dari kelebihan-kelebihan setiap metode atau cara yang digunakan pengajar. Metode-metode pembelajaran tersebut diambil sisi positifnya sehingga dapat menutupi kekurangan satu sama lain. Metode ini merupakan kombinasi sisi positif dari beberapa metode, yaitu metode ceramah, metode demonstrasi, metode imitasi, dan metode ice breaking.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | 88209#SENI DRAMA TARI DAN MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Campuran, Tari Krincing Kuning, Sanggar Krincing Manis | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Freund Des' Asa Zuniga Rupadatu | |||||||||
Date Deposited: | 20 Aug 2021 02:51 | |||||||||
Last Modified: | 20 Aug 2021 02:51 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9123 |
Actions (login required)
View Item |