Aziza Aupa, Nur (2021) Metode Pembelajaran Tari Japin Sigam di Sanggar Seni Pusaka Saijaan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Nur Aziza Aupa _2021_FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
Nur Aziza Aupa _2021_BAB I.pdf Download (5MB) |
|
Text
Nur Aziza Aupa _2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
Text
Nur Aziza Aupa_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) | Request a copy |
|
Text
Nur Aziza Aupa _2021_PENUTUP_edit.pdf Download (686kB) |
Abstract
Sanggar Seni Pusaka Saijaan adalah suatu kebanggan yang dimiliki oleh Kabupaten Kotabaru dengan banyak prestasi yang di dapat dengan berbagai event-event yang diikuti diluar dari Kabupaten Kotabaru. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode pembelajaran pada Tari Japin Sigam di Sanggar Seni Pusaka Saijaan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah tentang Metode pembelajaran Seni Tari Japin Sigam di Sanggar Seni Pusaka Saijaan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan. Sedangkan subjek penelitian ialah pelatih, ketua sanggar, pembina, dan peserta didik Sanggar Seni Pusaka Saijaan (S2PSKB). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi foto-foto kegiatan pembelajaran. Validasi data dilakukan dengan membandingkan data dari hasil wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Tari Japin Sigam pada Sanggar Seni Pusaka Saijaan menggunakan (1) metode ceramah, (2) metode demonstrasi, (3) metode diskusi, dan (4) metode drill. Metode demonstrasi digunakan pelatih dalam memeragakan dan mencontohkan gerakan. Metode ceramah digunakan dalam memberikan penjelasan atau pengertian kepada peserta didik sebelum memasuki pembelajaran Tari Japin Sigam. Metode diskusi digunakan apabila peserta didik belum paham terhadap materi yang disampaikan. Peserta didik juga dapat berdiskusi dengan teman kelompoknya agar memecahkan permasalahan dalam pembelajaran tersebut. Metode drill digunakan untuk menghafalkan gerak yang sudah diberikan oleh pelatih.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#SENI DRAMA TARI DAN MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran, Tari Japin Sigam, Pembelajaran tari | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | Nur Aziza Aupa | |||||||||
Date Deposited: | 22 Aug 2021 09:26 | |||||||||
Last Modified: | 22 Aug 2021 09:26 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9331 |
Actions (login required)
View Item |