Metode Pembelajaran Tari Japin Sigam di Sanggar Seni Pusaka Saijaan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan

Aziza Aupa, Nur (2021) Metode Pembelajaran Tari Japin Sigam di Sanggar Seni Pusaka Saijaan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Nur Aziza Aupa _2021_FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Nur Aziza Aupa _2021_BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Nur Aziza Aupa _2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nur Aziza Aupa_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text
Nur Aziza Aupa _2021_PENUTUP_edit.pdf

Download (686kB)

Abstract

Sanggar Seni Pusaka Saijaan adalah suatu kebanggan yang dimiliki oleh Kabupaten Kotabaru dengan banyak prestasi yang di dapat dengan berbagai event-event yang diikuti diluar dari Kabupaten Kotabaru. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode pembelajaran pada Tari Japin Sigam di Sanggar Seni Pusaka Saijaan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah tentang Metode pembelajaran Seni Tari Japin Sigam di Sanggar Seni Pusaka Saijaan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan. Sedangkan subjek penelitian ialah pelatih, ketua sanggar, pembina, dan peserta didik Sanggar Seni Pusaka Saijaan (S2PSKB). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi foto-foto kegiatan pembelajaran. Validasi data dilakukan dengan membandingkan data dari hasil wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Tari Japin Sigam pada Sanggar Seni Pusaka Saijaan menggunakan (1) metode ceramah, (2) metode demonstrasi, (3) metode diskusi, dan (4) metode drill. Metode demonstrasi digunakan pelatih dalam memeragakan dan mencontohkan gerakan. Metode ceramah digunakan dalam memberikan penjelasan atau pengertian kepada peserta didik sebelum memasuki pembelajaran Tari Japin Sigam. Metode diskusi digunakan apabila peserta didik belum paham terhadap materi yang disampaikan. Peserta didik juga dapat berdiskusi dengan teman kelompoknya agar memecahkan permasalahan dalam pembelajaran tersebut. Metode drill digunakan untuk menghafalkan gerak yang sudah diberikan oleh pelatih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Aziza Aupa, Nurnim1710124017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSarjiwo, Sarjiwonidn0016096109
ContributorRaharja, Budinidn0012015707
Department: KODEPRODI88209#SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, Tari Japin Sigam, Pembelajaran tari
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Nur Aziza Aupa
Date Deposited: 22 Aug 2021 09:26
Last Modified: 22 Aug 2021 09:26
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9331

Actions (login required)

View Item View Item