Menak Jingga Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Musik Etnis Satya Sangkara

Abrar, Ubaid Ijlal (2021) Menak Jingga Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Musik Etnis Satya Sangkara. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Ubaid Ijlal Abrar_2021_FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Ubaid Ilal Abrar_BAB I.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Ubaid Ijlal Abrar_2021_BAB PENUTUP.pdf

Download (943kB)
[img] Text
Ubaid Ijlal Abrar_2021_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Video
watch_v=y8nan7ir5Ks&t=4s
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text
Ubaid Ijlal Abrar_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Ubaid Ijlal Abrar_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (214kB)
[img] Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found

Download (0B)
Official URL: https://www.youtube.com/watch?v=y8nan7ir5Ks

Abstract

Satya Sangkara merupakan sebuah komposisi musik yang bersumber dari kisah tradisi lisan masyarakat banyuwangi akan sosok raja Blambangan yang bergelar Menak Jingga. Karya ini bercerita tentang kehidupan sang raja yang dulunya hanya seorang pemuda desa bernama Jaka Umbaran. Kegigihan dan kesetian terhadap ratu dan rakyat Blambangan yang diolah untuk menjadi dasar penciptaan musik etnis, dengan menguraikan nilai – nilai moral yang terkandung dalam kisah Menak Jinggo untuk dibuat sebagai alur atau bagian dalam komposisi musik etnis. Penciptaan sebuah karya komposisi musik tentu memerlukan metode sabagai landasan guna mewujudkan sebuah bentuk karya seni yang ideal. Pada kesempatan ini metode yang digunakan mengacu pada teori Alma M. Hawkins. Teori ini sering digunakan dalam komposisi karya-karya seni sebelumnya, yang menjadi kitab suci di Jurusan Seni Tari. Namun demikian teori ini bisa diaplikasikan dalam penciptaan musik etnis. Adapun teori penciptaan ini meliputi ekplorasi, improvisasi dan pembantukan atau komposisi. Penyajian komposisi Satya Sangkara menggunakan idiomatik dari etnis Banyuwangi. Instrumen yang digunakan dalam karya ini ialah penggabungan dari tiga genre etnis yaitu Bali, Banyuwangi, dan musik barat. Bentuk penyajian yang ada dalam karya komposisi musik etnis Satya Sangkara mengacu pada kisah hidup Jaka Umbaran atau Menak Jingga, secara garis besar terdapat lima bagian suasana peristiwa dalam karya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Abrar, Ubaid Ijlalnim1710635015
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSudarno, Sudarnonidn0008026605
ContributorHaryanto, Haryantonidn0005066311
Department: KODEPRODI91201#ETNOMUSIKOLOGI
Uncontrolled Keywords: Satya Sangkara, Menak Jingga, Banyuwangi.
Subjects: Etnomusikologi
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi
Depositing User: Ubaid Ijlal Abrar
Date Deposited: 24 Aug 2021 06:51
Last Modified: 04 Nov 2022 09:02
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9384

Actions (login required)

View Item View Item