Abrar, Ubaid Ijlal (2021) Menak Jingga Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Musik Etnis Satya Sangkara. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Ubaid Ijlal Abrar_2021_FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
Ubaid Ilal Abrar_BAB I.pdf Download (11MB) |
|
Text
Ubaid Ijlal Abrar_2021_BAB PENUTUP.pdf Download (943kB) |
|
Text
Ubaid Ijlal Abrar_2021_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Video
watch_v=y8nan7ir5Ks&t=4s Restricted to Repository staff only Download (471kB) | Request a copy |
|
Text
Ubaid Ijlal Abrar_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (220kB) |
|
Text
Ubaid Ijlal Abrar_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Download (214kB) |
|
Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found Download (0B) |
Abstract
Satya Sangkara merupakan sebuah komposisi musik yang bersumber dari kisah tradisi lisan masyarakat banyuwangi akan sosok raja Blambangan yang bergelar Menak Jingga. Karya ini bercerita tentang kehidupan sang raja yang dulunya hanya seorang pemuda desa bernama Jaka Umbaran. Kegigihan dan kesetian terhadap ratu dan rakyat Blambangan yang diolah untuk menjadi dasar penciptaan musik etnis, dengan menguraikan nilai – nilai moral yang terkandung dalam kisah Menak Jinggo untuk dibuat sebagai alur atau bagian dalam komposisi musik etnis. Penciptaan sebuah karya komposisi musik tentu memerlukan metode sabagai landasan guna mewujudkan sebuah bentuk karya seni yang ideal. Pada kesempatan ini metode yang digunakan mengacu pada teori Alma M. Hawkins. Teori ini sering digunakan dalam komposisi karya-karya seni sebelumnya, yang menjadi kitab suci di Jurusan Seni Tari. Namun demikian teori ini bisa diaplikasikan dalam penciptaan musik etnis. Adapun teori penciptaan ini meliputi ekplorasi, improvisasi dan pembantukan atau komposisi. Penyajian komposisi Satya Sangkara menggunakan idiomatik dari etnis Banyuwangi. Instrumen yang digunakan dalam karya ini ialah penggabungan dari tiga genre etnis yaitu Bali, Banyuwangi, dan musik barat. Bentuk penyajian yang ada dalam karya komposisi musik etnis Satya Sangkara mengacu pada kisah hidup Jaka Umbaran atau Menak Jingga, secara garis besar terdapat lima bagian suasana peristiwa dalam karya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91201#ETNOMUSIKOLOGI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Satya Sangkara, Menak Jingga, Banyuwangi. | |||||||||
Subjects: | Etnomusikologi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi | |||||||||
Depositing User: | Ubaid Ijlal Abrar | |||||||||
Date Deposited: | 24 Aug 2021 06:51 | |||||||||
Last Modified: | 04 Nov 2022 09:02 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9384 |
Actions (login required)
View Item |