Ekspresi Masyarakat Bukuan Terhadap Bekas Lubang Galian Tambang Sebagai Sumber Ide Penciptaan Musik Etnie Berjudul Carek

Pratama Gustin, Zhordhan (2021) Ekspresi Masyarakat Bukuan Terhadap Bekas Lubang Galian Tambang Sebagai Sumber Ide Penciptaan Musik Etnie Berjudul Carek. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Zhordhan Pratama Gustin_2021_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
Zhordhan Pratama Gustin_2021_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Zhordhan Pratama Gustin_2021_BAB PENUTUP.pdf

Download (455kB)
[img] Text
Zhordhan Pratama Gustin_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (595kB)
[img] Text
Zhordhan Pratama Gustin_2021_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Video
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1oLkDfFuncvKO1z94T...

Abstract

Komposisi Carek merupakan bentuk representasi sebuah fenomena sosial tentang industri pertambangan yang masuk ke daerah pemukiman warga lebih tepatnya di Kelurahan Bukuan Kecamatan Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur. Carek diartikan sebagai bagian yang sobek atau robek karena mengibaratkan lubang bekas galian tambang batu bara yang tidak direklamasi. Sepanjang pengetahuan penulis, fenomena sosial tersebut sangat penting untuk disebarluaskan dengan salah satu cara yakni komposisi musik. Berdasarkan permasalahan tersebut, gagasan yang menjadi jawaban dalam karya musik etnis bertajuk Carek adalah bagaimana mewujudkan ide atau gagasan yang mengacu kepada tahapan waktu sebelum, saat, dan sesudah masuknya industri pertambangan yang berdampak pada ekspresi masyarakat Bukuan menjadi satu narasi dalam bentuk musik etnis yang berjudul Carek. Hal ini menjadi tujuan penulis dalam komposisi musik etnis. Penciptaan karya komposisi musik tidak lepas dari sebuah metode yang digunakan sebagai acuan atau landasan guna mewujudkan sebuah bentuk karya seni yang ideal. Metode yang digunakan pada komposisi musik ini mengacu pada teori Alma M. Hawkins. Teori ini sering digunakan dalam komposisi karya-karya sebelumnya. Teori tersebut lebih sering digunakan oleh Jurusan Tari, namun metode yang digunakan dirasa dapat menjadi acuan dalam penciptaan komposisi musik. Adapun teori penciptaan yang digunakan meliputi eksplorasi, improvisasi, dan pembentukan. Penyajian komposisi Carek merupakan sebuah campuran antara etnis dan modern. Penggunaan alat musik tradisi suku Dayak yang bertujuan untuk memperkuat identitas karya dan digabungkan dengan alat musik barat yang bertujuan untuk menjadikan karya komposisi musik Carek menjadi ideal. Carek mengacu kepada peristiwa yang telah dikaji berdasarkan riwayat tentang industri pertambangan yang dirasakan oleh masyarakat Bukuan. Secara garis besar terdapat tiga bagian riwayat yang terjadi yaknisebelum adanya industri pertambangan, saat adanya industri pertambangan, dan sesudah adanya industri pertambangan di Bukuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Pratama Gustin, Zhordhannim1610057415
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorCau Arsana, I Nyomannidn0007117104
ContributorPurba, Krismusnidn0025126206
Department: KODEPRODI91201# ETNOMUSIKOLOGI
Uncontrolled Keywords: Carek, Industri pertambangan, Ekspresi
Subjects: Etnomusikologi
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi
Depositing User: Zhordhan Pratama Gustin
Date Deposited: 23 Aug 2021 05:16
Last Modified: 23 Aug 2021 05:16
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9406

Actions (login required)

View Item View Item