Pratama Gustin, Zhordhan (2021) Ekspresi Masyarakat Bukuan Terhadap Bekas Lubang Galian Tambang Sebagai Sumber Ide Penciptaan Musik Etnie Berjudul Carek. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Zhordhan Pratama Gustin_2021_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
Zhordhan Pratama Gustin_2021_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Zhordhan Pratama Gustin_2021_BAB PENUTUP.pdf Download (455kB) |
|
Text
Zhordhan Pratama Gustin_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (595kB) |
|
Text
Zhordhan Pratama Gustin_2021_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Video
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
Abstract
Komposisi Carek merupakan bentuk representasi sebuah fenomena sosial tentang industri pertambangan yang masuk ke daerah pemukiman warga lebih tepatnya di Kelurahan Bukuan Kecamatan Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur. Carek diartikan sebagai bagian yang sobek atau robek karena mengibaratkan lubang bekas galian tambang batu bara yang tidak direklamasi. Sepanjang pengetahuan penulis, fenomena sosial tersebut sangat penting untuk disebarluaskan dengan salah satu cara yakni komposisi musik. Berdasarkan permasalahan tersebut, gagasan yang menjadi jawaban dalam karya musik etnis bertajuk Carek adalah bagaimana mewujudkan ide atau gagasan yang mengacu kepada tahapan waktu sebelum, saat, dan sesudah masuknya industri pertambangan yang berdampak pada ekspresi masyarakat Bukuan menjadi satu narasi dalam bentuk musik etnis yang berjudul Carek. Hal ini menjadi tujuan penulis dalam komposisi musik etnis. Penciptaan karya komposisi musik tidak lepas dari sebuah metode yang digunakan sebagai acuan atau landasan guna mewujudkan sebuah bentuk karya seni yang ideal. Metode yang digunakan pada komposisi musik ini mengacu pada teori Alma M. Hawkins. Teori ini sering digunakan dalam komposisi karya-karya sebelumnya. Teori tersebut lebih sering digunakan oleh Jurusan Tari, namun metode yang digunakan dirasa dapat menjadi acuan dalam penciptaan komposisi musik. Adapun teori penciptaan yang digunakan meliputi eksplorasi, improvisasi, dan pembentukan. Penyajian komposisi Carek merupakan sebuah campuran antara etnis dan modern. Penggunaan alat musik tradisi suku Dayak yang bertujuan untuk memperkuat identitas karya dan digabungkan dengan alat musik barat yang bertujuan untuk menjadikan karya komposisi musik Carek menjadi ideal. Carek mengacu kepada peristiwa yang telah dikaji berdasarkan riwayat tentang industri pertambangan yang dirasakan oleh masyarakat Bukuan. Secara garis besar terdapat tiga bagian riwayat yang terjadi yaknisebelum adanya industri pertambangan, saat adanya industri pertambangan, dan sesudah adanya industri pertambangan di Bukuan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91201# ETNOMUSIKOLOGI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Carek, Industri pertambangan, Ekspresi | |||||||||
Subjects: | Etnomusikologi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi | |||||||||
Depositing User: | Zhordhan Pratama Gustin | |||||||||
Date Deposited: | 23 Aug 2021 05:16 | |||||||||
Last Modified: | 23 Aug 2021 05:16 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9406 |
Actions (login required)
View Item |