Drajad Jiwandono, Mas (2021) Aplikasi E-Gamelan Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Praktik Karawitan Secara Daring di SMP Negeri 2 Kretek. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Mas Drajad Jiwandono_2021_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
Mas Drajad Jiwandono_2021_BAB PENUTUP.pdf Download (206kB) |
|
Text
Mas Drajad Jiwandono_2021_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Mas Drajad Jiwandono_2021_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) | Request a copy |
|
Text
Mas Drajad Jiwandono__2021_NASKAH PUBLIKASI ILMIAH.pdf Download (455kB) |
|
Text
MAS DRAJAD JIWANDONO_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Download (276kB) |
Abstract
ABSTRAK Pembelajaran Seni Karawitan kelas VIII di SMP Negeri 2 Kretek pada masa darurat covid-19 menjadi masalah bagi guru karena proses pembelajaran dituntut untuk dilakukan secara daring, yang mengakibatkan pembelajaran tidak mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, aplikasi E-Gamelan digunakan guru sebagai inovasi pengembangan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi e-gamelan sebagai alternatif media pembelajaran praktik karawitan secara daring di SMP Negeri 2 Kretek. Pada penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif. Peneliti melakukan pengumpulan data mulai dari observasi, wawancara hingga analisis dokumen yang berkaitan dengan permasalahan tersebut. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik di SMP Negeri 2 Kretek, sedangkan obyek penelitian adalah aplikasi e-gamelan sebagai alternatif media pembelajaran praktik karawitan secara daring. Teknik pengumpulan data yang dilakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik validasi pada penelitian ini menggunakan validasi triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media aplikasi E-Gamelan dalam proses pembelajaran praktik karawitan di SMP Negeri 2 Kretek cukup efektif membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kata Kunci: E-Gamelan, Media, Pembelajaran, Seni, Karawitan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKANSENIPERTUNJUKAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: E-Gamelan, Media, Pembelajaran, Seni, Karawitan | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | |||||||||
Depositing User: | MAS DRAJAD JIWANDONO | |||||||||
Date Deposited: | 05 Sep 2021 13:11 | |||||||||
Last Modified: | 06 Sep 2021 01:58 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9662 |
Actions (login required)
View Item |