Memahami Makna Konotasi Pada Pesan Verbal Dan Pesan Visual Iklan Layanan Masyarakat Dengan Pendekatan Teori Semiotika : Studi Kasus Iklan Media Luar Ruang Program Kali Bersih Di Yogyakarta

Bambang Waluyo, Eko (2013) Memahami Makna Konotasi Pada Pesan Verbal Dan Pesan Visual Iklan Layanan Masyarakat Dengan Pendekatan Teori Semiotika : Studi Kasus Iklan Media Luar Ruang Program Kali Bersih Di Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah kota budaya dan seni, keberadaan iklan khususnya tentang iklan layanan masyarakat yang berada di Kota Yogyakarta, secara visual masih terbilang minim, salah satu kasus yaitu ILM Prokasih (Pogram Kali Bersih). Dan sebenarnya yang kita butuhkan adalah iklan-iklan tentang kehidupan dan realita sosial dari Pemerintahan Kotalah yang harus lebih menguasai dibanding iklan-iklan komersil yang hadir di ruang publik khususnya di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Disain papan himbauan tentang Iklan Layanan Masyarakat Program Kali Bersih yang didisain oleh Pemerintah Kota Yogyakarta adalah sekedar ajakan dan peringatan untuk masyarakat sekitar, tindak dan aksi nyatalah yang menjadi kewajiban mereka untuk melakukan pencegahan bencana, setelah warga masyarakat Yogyakarta benar-benar menangkap pesan dan makna yang terkandung dalam Iklan Layanan Masyarakat Program Kali Bersih Versi Pemerintah Kota Yogyakarta. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan kajian teori semiotika, dengan tujuan memahami makna konotasi pada pesan verbal dan pesan visualnya agar ILM tersebut mempunyai makna yang lebih luas. Dengan hasil penelitian ini, diharapkan ILM Program Kalibersih mempunyai pemaknaan yang lebih luas dibalik kesederhanaannya. Disain komunikasi visual pada iklan yang sederhana belum tentu dimaknai dengan mudah dan cepat. Iklan layanan masyarakat dengan tanda verbal dan tanda visual yang sederhana justru menyimpan makna yang jauh lebih dalam. ILM Program Kalibersih dipilih karena disainnya yang begitu sederhana, dan menggugah rasa untuk memaknai lebih luas. Dengan penelitian ini dapat memberikan inovasi dan ide-ide yang kreatif dalam menuangkan sebuah kreatifitas khususnya iklan layanan masyarakat yang diterapkan dalam media luar ruang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Bambang Waluyo, Ekonim0911945024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTyas Sumbo Tinarbuko, Isidorusnidn0001046616
ContributorWibowo, Wibowonidn0018035702
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: disain, verbal, visual, semiotika, Yogyakarta, ILM Prokasih
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 08 Sep 2021 09:09
Last Modified: 08 Sep 2021 09:09
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9690

Actions (login required)

View Item View Item