Setiawan, Isromi (2013) Proses Pembelajaran Melalui Media Bernyanyi Pada Anak Usia Prasekolah Di PAUD Terpadu Budi Mulia Dua Terban Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Proses pembelajaran merupakan suatu tahapan terpenting dalam proses pendidikan. Proses pembelajaran yang baik adalah proses pembelajaran yang pelaksanaannya terkendali dan pembelajarannya harus membuat siswa belajar, untuk itu diperlukan media pembelajaran yang tepat terutama untuk anak usia dini/usia prasekolah. Media pembelajaran melalui media bernyanyi merupakan salah satu pilihan terbaik dalam proses pembelajaran untuk anak usia prasekolah. Penelitian dilakukan untuk mengetahui seperti apa proses pembelajaran melalui media bernyanyi, fungsi bernyanyi dalam pembelajaran, serta hasil dari pembelajaran melalui media bernyanyi yang dilakukan di PAUD Terpadu Budi Mulia Dua Terban Yogyakarta yang merupakan penelitian kualitatif-deskriptif. Penelitian ini bermaksud untuk meneliti fenomena yang terjadi untuk kemudian di analisis secara deskriptif lalu di intrepretasikan. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa pembelajaran disertai bernyanyi dapat menimbulkan reaksi yang positif dari anak. Anak menjadi lebih responsif, ekspresif, dan komunikatif selama proses pembelajaran sehingga materi pembelajaran dapat diterima dengan baik dan bahkan kegiatan bernyanyi yang diajarkan di PAUD, diterapkan kembali oleh anak dalam kehidupan sehari-hari. PAUD merupakan jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar. Memilih PAUD yang tepat adalah kunci sukses tumbuh kembang anak yang positif. Tepat dalam artian tepat metode pembelajaran yang diterapkan, media pembelajaran yang diterapkan, serta proses pembelajaran yang baik dan tepat guna.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91221#SENI MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | proses pembelajaran, media bernyanyi, anak usia prasekolah | |||||||||
Subjects: | Seni Musik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Bandono BD Bandono | |||||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2021 22:13 | |||||||||
Last Modified: | 12 Sep 2021 22:13 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9784 |
Actions (login required)
View Item |