Proses Pembelajaran Melalui Media Bernyanyi Pada Anak Usia Prasekolah Di PAUD Terpadu Budi Mulia Dua Terban Yogyakarta

Setiawan, Isromi (2013) Proses Pembelajaran Melalui Media Bernyanyi Pada Anak Usia Prasekolah Di PAUD Terpadu Budi Mulia Dua Terban Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Proses pembelajaran merupakan suatu tahapan terpenting dalam proses pendidikan. Proses pembelajaran yang baik adalah proses pembelajaran yang pelaksanaannya terkendali dan pembelajarannya harus membuat siswa belajar, untuk itu diperlukan media pembelajaran yang tepat terutama untuk anak usia dini/usia prasekolah. Media pembelajaran melalui media bernyanyi merupakan salah satu pilihan terbaik dalam proses pembelajaran untuk anak usia prasekolah. Penelitian dilakukan untuk mengetahui seperti apa proses pembelajaran melalui media bernyanyi, fungsi bernyanyi dalam pembelajaran, serta hasil dari pembelajaran melalui media bernyanyi yang dilakukan di PAUD Terpadu Budi Mulia Dua Terban Yogyakarta yang merupakan penelitian kualitatif-deskriptif. Penelitian ini bermaksud untuk meneliti fenomena yang terjadi untuk kemudian di analisis secara deskriptif lalu di intrepretasikan. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa pembelajaran disertai bernyanyi dapat menimbulkan reaksi yang positif dari anak. Anak menjadi lebih responsif, ekspresif, dan komunikatif selama proses pembelajaran sehingga materi pembelajaran dapat diterima dengan baik dan bahkan kegiatan bernyanyi yang diajarkan di PAUD, diterapkan kembali oleh anak dalam kehidupan sehari-hari. PAUD merupakan jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar. Memilih PAUD yang tepat adalah kunci sukses tumbuh kembang anak yang positif. Tepat dalam artian tepat metode pembelajaran yang diterapkan, media pembelajaran yang diterapkan, serta proses pembelajaran yang baik dan tepat guna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Setiawan, Isrominim0911398013
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDKustap, Kustapnidn0001076707
UNSPECIFIEDIsmudiati, Endangnidn0022016101
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: proses pembelajaran, media bernyanyi, anak usia prasekolah
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Bandono BD Bandono
Date Deposited: 12 Sep 2021 22:13
Last Modified: 12 Sep 2021 22:13
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9784

Actions (login required)

View Item View Item