Paul Boris Erikson, Sirait (2013) Pembelajaran Combo Band Untuk Anak usia 7-11 Tahun Di Gereja Pantekosta Di Indonesia Jemaat Elim Kadipiro Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (925kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengangkat topik proses pembelajaran band dengan menggunakan metode imitated playing, yaitu metode belajar musik secara mendengar dan menirukan, atau tanpa menggunakan notasi. Topik ini penting untuk diangkat karena merupakan tema yang jarang sekali dibahas dalam penelitian. Studi kasus dari penelitian ini adalah anak-anak usia 7 sampai 11 tahun yang merupakan anggota Sekolah Minggu GpdI Jemaat Elim Yogyakarta. Anak-anak yang dipilih sebagai subjek penelitian sebelumnya sama sekali belumpernah bermain musik. Tantangan dalam penelitian ini adalah melatih mereka dari tidak bisa menjadi bisa. Teori yang digunakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pembelajaran band (Wayne Dyees: 1998), playing by ear (Lehman, dkk: 2007), dan teori mengenai musik dan memori (Bob Snyder: 2001), karena proses pembelajaran band menggunakan imitated playing sangat mengutamakan kemampuan mengingat. Dalam tahapan prosesnya, anak harus menyimak instruksi yang diberikan pengajar, menginat dengan baik, merespon dengan memori, dan kemudian memainkannya sama sperti yang didemonstrasikan. Penelitian ini memberi perhatian pada kendala-kendala yang terjadi selama proses penelitian, analisis, dan memberikan solusi melalui pendekatan teori. Hasil yang dicapai dari penelitian ini, selain anak mampu memeainkan materi lagu yang diajarkan, juga mendapat manfaat aspek sosial, yaitu belajar bekerja sama dengan kelompok, dan melatih sikap percaya diri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91221#SENI MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | imitated playing, musik dan memori, aspek sosial | |||||||||
Subjects: | Seni Musik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Bandono BD Bandono | |||||||||
Date Deposited: | 13 Sep 2021 17:09 | |||||||||
Last Modified: | 13 Sep 2021 17:09 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9804 |
Actions (login required)
View Item |