Pembelajaran Combo Band Untuk Anak usia 7-11 Tahun Di Gereja Pantekosta Di Indonesia Jemaat Elim Kadipiro Yogyakarta

Paul Boris Erikson, Sirait (2013) Pembelajaran Combo Band Untuk Anak usia 7-11 Tahun Di Gereja Pantekosta Di Indonesia Jemaat Elim Kadipiro Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (925kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengangkat topik proses pembelajaran band dengan menggunakan metode imitated playing, yaitu metode belajar musik secara mendengar dan menirukan, atau tanpa menggunakan notasi. Topik ini penting untuk diangkat karena merupakan tema yang jarang sekali dibahas dalam penelitian. Studi kasus dari penelitian ini adalah anak-anak usia 7 sampai 11 tahun yang merupakan anggota Sekolah Minggu GpdI Jemaat Elim Yogyakarta. Anak-anak yang dipilih sebagai subjek penelitian sebelumnya sama sekali belumpernah bermain musik. Tantangan dalam penelitian ini adalah melatih mereka dari tidak bisa menjadi bisa. Teori yang digunakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pembelajaran band (Wayne Dyees: 1998), playing by ear (Lehman, dkk: 2007), dan teori mengenai musik dan memori (Bob Snyder: 2001), karena proses pembelajaran band menggunakan imitated playing sangat mengutamakan kemampuan mengingat. Dalam tahapan prosesnya, anak harus menyimak instruksi yang diberikan pengajar, menginat dengan baik, merespon dengan memori, dan kemudian memainkannya sama sperti yang didemonstrasikan. Penelitian ini memberi perhatian pada kendala-kendala yang terjadi selama proses penelitian, analisis, dan memberikan solusi melalui pendekatan teori. Hasil yang dicapai dari penelitian ini, selain anak mampu memeainkan materi lagu yang diajarkan, juga mendapat manfaat aspek sosial, yaitu belajar bekerja sama dengan kelompok, dan melatih sikap percaya diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Paul Boris Erikson, Siraitnim0611038013
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDYuwono, Deboranidn0030105703
UNSPECIFIEDWijaya, Suryantonidn0027055701
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: imitated playing, musik dan memori, aspek sosial
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Bandono BD Bandono
Date Deposited: 13 Sep 2021 17:09
Last Modified: 13 Sep 2021 17:09
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9804

Actions (login required)

View Item View Item