Jati, Endang Kusuma (2013) Persepsi Desainer Dan Target Audience Terhadap Desain Kemasan Bakpiapia Djogdja. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (9MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (37MB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Kemasan merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian calon konsumen. Dengan kata lain, kemasan bukan hanya melindungi produk melainkan juga menjual produk yang dikemasnya, salah satunya dapat dipengaruhi oleh desain kemasannya. Kemasan yang menarik, dapat melindungi, dan praktis akan menambah kepuasan pelanggan. Yang dimaksud dengan "menarik" di sini adalah unsur-unsur visual berupa warna, logo, ilustrasi, tipografi dan tata letak (layout) yang memegang porsi terbesar dalam penyampaian pesan kemasan secara kasatmata, dan mampu menimbulkan suatu daya tarik yang disebut sebagai daya tarik visual. Dalam studi kasus tersebut dibahas tentang aspek daya tarik dan kriteria desain dari kemasan Bakpiapia Djogdja serta respon remaja usia 11-24 tahun sebagai target audience dan dua pakar kemasan sebagai narasumber. Hal ini untuk mengetahui sampai sejauh mana efektifitas aspek daya tarik dan kriteria desain dari kemasan Bakpiapia Djogdja dalam mempengaruhi preferensi calon konsumen. Hasilnya dapat diketahui bahwa unsur visual kemasan Bakpiapia Djogdja berupa warna dan logo tidak sesuai dengan karakteristik target audience. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan responden tidak begitu tertarik dengan warna kemasan dan logo, dapat ibuktikan dengan teori yang digunakan dalam penelitian ini bahwa remaja lebih menyukai warna-warna cerah, sedangkan logo harusnya berbentuk sederhana dan tidak terlalu rumit agar mudah ditangkap mata dan dikenali bentuknya. Kemasan produk Bakpiapia Djogdja sudah memenuhi kriteria sebagai desain kemasan yang baik, karena mampu mengemas dan melindungi isi produk. Dengan desain kemasan yang unik, dan bentuk kemasan sudah berbeda dari kemasan produk lain sehingga dapat dibedakan dengan mudah
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Kemasan Kemasan Makanan | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | IH Nurcahyadi Nurcahyadi | |||||||||
Date Deposited: | 14 Sep 2021 07:11 | |||||||||
Last Modified: | 14 Sep 2021 07:11 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9812 |
Actions (login required)
View Item |