Galang Wibowo, Gustopo (2013) Perancangan Board Game Adaptasi Cerita Rakyat sebagai Media Edukasi untuk Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (29MB) | Request a copy |
Abstract
Generasi muda saat ini cenderung kurang mengenal cerita rakyat. Selain karena cerita rakyat yang kurang populer juga karena kurangnya materi dalam bahan ajar maupun media pembelajaran di sekolah. Media pembelajaran berupa board game dipilih karena board game merupakan media pembelajaran yang efektif, karena anak merasakan proses belajar sambil bermain saat memainkan board game sehingga tidak merasa tertekan. Perancangan media edukasi ini dilakukan untuk mendukung pembelajaran cerita rakyat bagi siswa kelas 3 sekolah dasar. Perancangan ini bekerja sama dengan sekolah Jogja Community School, di mana board game ini nantinya akan digunakan sebagai bahan ajar dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Studi mengenai dasar teori yang terkait dalam perancangan, yang meliputi teori tentang perkembangan anak, teori tentang pembelajaran, teori tentang bermain, teori tentang board game, dan teori tentang cerita rakyat diperoleh melalui studi pustaka. Data mengenai target audience diperoleh melalui wawancara kepada Guru. Data yang diperoleh dari wawancara dan studi pustaka kemudian dianalisis menggunakan teknik 5W+1H, dengan menganalisa permasalahan dari What (apa), Where (di mana), Why (mengapa), When (kapan), Who (siapa), dan How (bagaimana). Cerita rakyat yang diangkat dalam game ini adalah cerita rakyat yang mengandung benda pusaka ajaib yang terkandung dalam unsur cerita dan berasal dari pulau Jawa, total terdapat sebelas cerita rakyat. Proses pembuatan board game, pemilihan cerita, pembuatan karakter baik karakter utama maupun karakter cerita rakyat disesuaikan dengan perkembangan anak usia 7-9 tahun, yang kemudian diintegrasikan dengan teori-teori yang diperoleh dalam studi pustaka. Bourd gume yang dirancang bersifat kompetisi dengan jenis memory game. Perancangan desain ini tidak hanya menghasilkan pemecahan masalah terhadap kebutuhan media edukasi untuk cerita rakyat, tetapi juga memberikan saran dan rekomendasi kepada klien untuk dapat mengembangkan lebih jauh board game "Rimba Pusaka" di masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Board Game, Cerita Rakyat, Permainan, Edukasi | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | jody JS Santoso | |||||||||
Date Deposited: | 16 Sep 2021 04:00 | |||||||||
Last Modified: | 16 Sep 2021 04:00 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9865 |
Actions (login required)
View Item |