Perancangan Board Game Adaptasi Cerita Rakyat sebagai Media Edukasi untuk Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar

Galang Wibowo, Gustopo (2013) Perancangan Board Game Adaptasi Cerita Rakyat sebagai Media Edukasi untuk Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Generasi muda saat ini cenderung kurang mengenal cerita rakyat. Selain karena cerita rakyat yang kurang populer juga karena kurangnya materi dalam bahan ajar maupun media pembelajaran di sekolah. Media pembelajaran berupa board game dipilih karena board game merupakan media pembelajaran yang efektif, karena anak merasakan proses belajar sambil bermain saat memainkan board game sehingga tidak merasa tertekan. Perancangan media edukasi ini dilakukan untuk mendukung pembelajaran cerita rakyat bagi siswa kelas 3 sekolah dasar. Perancangan ini bekerja sama dengan sekolah Jogja Community School, di mana board game ini nantinya akan digunakan sebagai bahan ajar dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Studi mengenai dasar teori yang terkait dalam perancangan, yang meliputi teori tentang perkembangan anak, teori tentang pembelajaran, teori tentang bermain, teori tentang board game, dan teori tentang cerita rakyat diperoleh melalui studi pustaka. Data mengenai target audience diperoleh melalui wawancara kepada Guru. Data yang diperoleh dari wawancara dan studi pustaka kemudian dianalisis menggunakan teknik 5W+1H, dengan menganalisa permasalahan dari What (apa), Where (di mana), Why (mengapa), When (kapan), Who (siapa), dan How (bagaimana). Cerita rakyat yang diangkat dalam game ini adalah cerita rakyat yang mengandung benda pusaka ajaib yang terkandung dalam unsur cerita dan berasal dari pulau Jawa, total terdapat sebelas cerita rakyat. Proses pembuatan board game, pemilihan cerita, pembuatan karakter baik karakter utama maupun karakter cerita rakyat disesuaikan dengan perkembangan anak usia 7-9 tahun, yang kemudian diintegrasikan dengan teori-teori yang diperoleh dalam studi pustaka. Bourd gume yang dirancang bersifat kompetisi dengan jenis memory game. Perancangan desain ini tidak hanya menghasilkan pemecahan masalah terhadap kebutuhan media edukasi untuk cerita rakyat, tetapi juga memberikan saran dan rekomendasi kepada klien untuk dapat mengembangkan lebih jauh board game "Rimba Pusaka" di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Galang Wibowo, Gustoponim0711618024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorLasiman, Lasimannip195705131988031001
ContributorWidowati, Heningtyasnip197701242002122002
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Board Game, Cerita Rakyat, Permainan, Edukasi
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 16 Sep 2021 04:00
Last Modified: 16 Sep 2021 04:00
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9865

Actions (login required)

View Item View Item