Febi Arifianto, Pungky (2013) Memahami Makna Konotasi Infografis Produk teknologi Sebagai Penyampai Berita Informasi dalam Situs gopego.com edisi Agustus 2011 - Agustus 2012. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (31MB) | Request a copy |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (951kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian "Memahami makna konotasi infografis produk teknologi sebagai penyampai berita informasi dalam situs gopego.com edisi Agustus 2011 - Agustus 2012" ini berusaha untuk mengetahui proses pemahaman dan pemaknaan atas infografis yang ada di dalam situs website gopego.com sebagai penyampai berita informasi produk teknologi melalui pemaknaan dalam wilayah semiotika yakni makna konotatif dengan kode-kode sosial yang dikemukakan Rolland Barthes. Berdasarkan pengamatan infografis selain memberikan gambaran umum mengenai sebuah berita melalui tanda visual, infografis juga bisa menghasilkan sebuah informasi dan berita melalui tanda-tanda yang muncul dalam simbol gambar. Tanda-tanda yang muncul dalam infografis tersebut bukan hanya mengemukakan makna secara denotatif yang apa adanya tetapi lebih dari itu pesan yang terdapat dalam infografis tersebut bisa dibongkar dengan melakukan pengamatan lebih terhadap obyek tanda visual yang ada di dalamnya sehingga menghasilkan makna konotatif yang tidak dapat disangka memberikan sebuah aspek korelasi dengan bahasa verbalnya. Untuk mengetahui makna konotasi yang dihasilkan melalui visualisasi yang hadir dalam infografis tersebut maka diperlukan teori. Dalam hal ini teori utama yang dipakai merupakan teori makna konotasi dengan kode-kode sosial Rolland Barthes. Pemaknaan terhadap tanda yang dihasilkan secara desain komunikasi visual akan dibantu dengan pemaknaan tanda ikon, indeks, dan simbol oleh teori Pierce. Sedangkan pemahaman tentang berita informasi akan menggunakan teori berita Asep Syamsul.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Makna Konotasi, Infografis, Produk teknologi | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | isti IS suratmi | |||||||||
Date Deposited: | 19 Sep 2021 07:38 | |||||||||
Last Modified: | 19 Sep 2021 07:38 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9970 |
Actions (login required)
View Item |