Memahami Makna Konotasi Infografis Produk teknologi Sebagai Penyampai Berita Informasi dalam Situs gopego.com edisi Agustus 2011 - Agustus 2012

Febi Arifianto, Pungky (2013) Memahami Makna Konotasi Infografis Produk teknologi Sebagai Penyampai Berita Informasi dalam Situs gopego.com edisi Agustus 2011 - Agustus 2012. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian "Memahami makna konotasi infografis produk teknologi sebagai penyampai berita informasi dalam situs gopego.com edisi Agustus 2011 - Agustus 2012" ini berusaha untuk mengetahui proses pemahaman dan pemaknaan atas infografis yang ada di dalam situs website gopego.com sebagai penyampai berita informasi produk teknologi melalui pemaknaan dalam wilayah semiotika yakni makna konotatif dengan kode-kode sosial yang dikemukakan Rolland Barthes. Berdasarkan pengamatan infografis selain memberikan gambaran umum mengenai sebuah berita melalui tanda visual, infografis juga bisa menghasilkan sebuah informasi dan berita melalui tanda-tanda yang muncul dalam simbol gambar. Tanda-tanda yang muncul dalam infografis tersebut bukan hanya mengemukakan makna secara denotatif yang apa adanya tetapi lebih dari itu pesan yang terdapat dalam infografis tersebut bisa dibongkar dengan melakukan pengamatan lebih terhadap obyek tanda visual yang ada di dalamnya sehingga menghasilkan makna konotatif yang tidak dapat disangka memberikan sebuah aspek korelasi dengan bahasa verbalnya. Untuk mengetahui makna konotasi yang dihasilkan melalui visualisasi yang hadir dalam infografis tersebut maka diperlukan teori. Dalam hal ini teori utama yang dipakai merupakan teori makna konotasi dengan kode-kode sosial Rolland Barthes. Pemaknaan terhadap tanda yang dihasilkan secara desain komunikasi visual akan dibantu dengan pemaknaan tanda ikon, indeks, dan simbol oleh teori Pierce. Sedangkan pemahaman tentang berita informasi akan menggunakan teori berita Asep Syamsul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Febi Arifianto, Pungkynim0811705024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTyas Sumbo Tinarbuko, Isidorusnidn0001046616
ContributorGogor Bangsa, Petrusnidn0006017002
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Makna Konotasi, Infografis, Produk teknologi
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: isti IS suratmi
Date Deposited: 19 Sep 2021 07:38
Last Modified: 19 Sep 2021 07:38
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9970

Actions (login required)

View Item View Item