Ogama Mahindra, Dhavid (2013) Perancangan Grafis Informasi Sebagai Media Informasi Hasil Kerajinan Seni Ukir dan Potensi Wisata Kabupaten Jepara. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (44MB) | Request a copy |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
"Nenek moyang kita memiliki kreativitas tinggi dalam berekspresi, salahsatunyaadalah dalam hal kerajinan seni ukir. Warisan bernilai tinggi tersebut masihlestari hingga saat ini karena masih adanya aktifitas yang menjaganya. Aktifitasyang semula hanya sebuah kegiatan berkesenian, lama kelamaan tumbuh menjadisebuah industri baru yang menyebar di Kabupaten Jepara. Pada akhirnya, Jeparatumbuh menjadi sentra kerajinan seni ukir yang tersohor baik di dalam negerimaupun di dunia internasional. Antara tahun 1997 sampai tahun 1999, industrikerajinan seni ukir Jepara mengalami masa kejayaan dalam hal pemasaranproduknya di pasar internasional.Tidak selamanya masa kejayaan akan berlangsung, tentu akan akan masa sulityang menggantikannya. Masa sulit inilah yang dihadapi industri kerajinan seni ukirJepara saat ini, dimana pasar internasional yang menjadi pasar utamanya sedangmengalami badai krisis ekonomi. Krisis yang melanda benua Eropa dan Amerikatersebut menyebabkan daya beli terhadap kerajinan seni ukir Jepara menurun,mengingat produk tersebut bukan bahan pokok yang harus dibeli. Permintaan pasarterhadap produk-produk seni ukir Jepara menjadikan banyak pengrajin dan unitusaha gulung tikar.Menyiasati permasalahan yang sedang berlangsung, pengrajin dan unit usahayang masih bertahan mengalihkan target pemasaran produknya ke pasar domestik.Usaha yang dilakukan untuk memasarkan dan memperkenalkan produk kerajinanseni ukir Jepara dengan mengadakan pameran di luar daerah hingga luar pulauJawa. Hal tersebut kurang efektif mengingat perlu adanya upaya memindahkanbarang ke tempat pameran, memerlukan biaya tinggi, dan juga tidak banyaknyavariasi produk yang dapat dihadirkan.Upaya yang dapat dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang sedangterjadi dengan cara memanfaatkan wisatawan yang berkunjung ke Jepara. Jeparamemiliki objek wisata yang beragam, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisatabudaya, wisata religi, dan sebagainya. Potensi wisatawan yang berkunjung keJepara terus mengalami peningkatan, hal tersebut dapat menjadi potensi pasar darihasil kerajinan seni ukir yang menjanjikan. Untuk itu diperlukan langkah-langkahyang tepat untuk mendapat hasil maksimal."
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Perancangan Grafis, Informasi, Media Informasi, Kerajinan Seni Ukir, Potensi Wisata, Kabupaten Jepara | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | isti IS suratmi | |||||||||
Date Deposited: | 20 Sep 2021 09:21 | |||||||||
Last Modified: | 20 Sep 2021 09:21 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/9993 |
Actions (login required)
View Item |