Pembelajaran Alat Musik Bundengan Untuk Tingkat Dasar Bagi Siswa Kelas 8 Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Selomerto Wonosobo

Nugroho Hendry Bhaskoro, Rizky (2021) Pembelajaran Alat Musik Bundengan Untuk Tingkat Dasar Bagi Siswa Kelas 8 Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Selomerto Wonosobo. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI _ Rizky Nugroho Hery Bhaskoro_2021_TEKS FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Rizky Nugroho Hery Bhaskoro BAB I.pdf

Download (832kB)
[img] Text
Rizky Nugroho Hery Bhaskoro_2021_BAB V.pdf

Download (426kB)
[img] Text
jurnal rizki nugroho-dikonversi.pdf

Download (568kB)
[img] Text
lembar persetujuan perpus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB) | Request a copy
Official URL: https://youtu.be/NXmGJfIGQDQ

Abstract

Pembelajaran alat musik bundengan di SMP Negeri 2 Selomerto Wonosobo merupakan pembelajaran alat musik bundengan untuk tingkatdasar. Pembelajaran alat musik bundengan di SMP Negeri 2 SelomertoWonosobo sangat efektif dalam upaya melestarikan alat musik bundengan dikota Wonosobo.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil dalam pembelajaran alat musik bundengan di SMP Negeri2 Selomerto Wonosobo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatandeskriptif. Pengambilan sampel berfokus pada satu guru seni budaya dan dua siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Selomerto Wonosobo. Data penelitian diperoleh dari studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Model Miles and Huberman, yaitu reduksi data,data display dan penarikan kesimpulan. Terdapat tiga hal penting dalam proses dan hasil pembelajaran alat musik bundengan di SMP Negeri 2 Selomerto Wonosobo yaitu tahap perencanaan, tahap proses pembelajaran alat musik bundengan dan tahap evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran alat musik bundengan di SMP Negeri 2 Selomerto Wonosobo ditujukan untuk siswa kelas 8 dengan rentang usia 14-15 tahun. Pembelajaran alat musik bundengan di SMP Negeri 2 Selomerto Wonosobo menggunakan kurikulum 13. Proses pembelajaran alat musik bundengan di SMP Negeri 2 Selomerto Wonosobo dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor dari dalam dan faktor dari luar. Faktor dari dalam yaitu perbedaan individu seperti tingkat kecerdasan, karakter dan minat siswa. Sedangkan faktor dari luar yaitu faktor guru, faktor orang tua dan faktor sarana dan prasarana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran alat musik bundengan di SMP Negeri 2 Selomerto Wonosobo dapat menciptakan pemain alat musik bundengan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Nugroho Hendry Bhaskoro, Rizkynim16100660132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDBramantyo, Triyononidn0081025702
UNSPECIFIEDPrasetyo, Ayubnidn0020077505
Department: KODEPRODI91221#MUSIK
Uncontrolled Keywords: Bundengan, Pembelajaran, SMP Negeri 2 Selomerto Wonosobo.
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: RIZKY NUGROHO HERY BHASKORO
Date Deposited: 09 Dec 2021 04:20
Last Modified: 09 Dec 2021 04:20
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10342

Actions (login required)

View Item View Item