Sucitra, I Gede Arya and Romandang, Romandang (2020) Konsepsi Estetika Hindu Pelukis Diaspora Bali Di Yogyakarta Perspektif Kosmologi. Institut Seni Indoensia Yogyakarta, LPPM ISI Yogyakarta.
Text
BAB I Pendahuluan_I Gede Arya Sucitra.pdf Download (371kB) |
|
Text
BAB VI Kesimpulan_I Gede Arya Sucitra.pdf Download (183kB) |
|
Text
Full Teks_I Gede Arya Sucitra.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Naskah Publikasi_I Gede Arya Sucitra.pdf Download (550kB) |
Abstract
Bali telah terkenal dengan kebudayaannya karena keunikan, kekhasannya yang tumbuh dari jiwa agama Hindu, yang tidak dapat dipisahkan dari keseniannya dalam masyarakat yang berciri sosial religius. Kebudayaan Bali dan keseniannya menjadi jiwa keseharian manusia Bali, dipenuhi dengan kedalaman metafor dan simbolisasi hubungan antara manusia dengan alam, dengan sesama dan spiritualitas terhadap Tuhan. Manusia Bali dengan minat dan dukungan lingkungan budayanya yang bersentuhan dengan atmosfer kesenian, biasanya mampu mempraktikan keterampilan kesenian baik sebagai sumber ekonomi, hiburan pribadi, bersosial masyarakat, hingga pelengkap simbol-simbol ritual agama. Refleksi filosofis memberi pemahaman atas seluruh aktivitas berbagai komponen hasil cipta karya manusia sebagai satu kesatuan yang terkait dalam jejaring satu dengan yang lain. Bahasa, mitos, religi, dan kesenian serta seniman sebagai manusia penciptanya bukanlah hal yang tidak saling terkait, akan tetapi justru terintegratif dalam satu ikatan. Seniman dan karya seninya merupakan local genius peradaban.
Item Type: | Other | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Estetika, Diaspora, Pelukis | ||||||
Subjects: | Seni Murni > Seni Lukis | ||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Seni Murni > Seni Lukis | ||||||
Depositing User: | IH Nurcahyadi Nurcahyadi | ||||||
Date Deposited: | 18 Feb 2022 02:47 | ||||||
Last Modified: | 26 Mar 2024 07:35 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10507 |
Actions (login required)
View Item |