Peranan Sanggar Sinondang Ulupungkut Dalam Konservasi Ansambel Gordang Sambilan: Sebuah Kajian Kualitatif

Azhar Nasution, Anwar (2022) Peranan Sanggar Sinondang Ulupungkut Dalam Konservasi Ansambel Gordang Sambilan: Sebuah Kajian Kualitatif. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Anwar Azhar Nasution_2022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Anwar Azhar Nasution_2022_BAB I.pdf

Download (854kB)
[img] Text
Anwar Azhar Nasution_2022_BAB IV.pdf

Download (344kB)
[img] Text
Anwar Azhar Nasution_2022_JURNAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Anwar Azhar Nasution_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Sanggar Sinondang Ulupungkut memberi peranan penting sebagai sarana danprasarana dalam konservasi Ansambel Gordang Sambilan untuk menambaheksistensi kontinuitas adat khas etnis Batak Mandailing. Namun akan dikaji padapenelitian yang mengarah pada kajian kualitatif yang mana nanti perkembanganpada penelitian ini masuk dalam ruang lingkup yang berkaitan pada kajian historisdalam antropologi, etnologi maupun musikologi. Metode yang digunakanpenelitian ini adalah dengan menggunakan kajian kualitatif untuk menghasilkandata deskriptif, dengan menggabungkan pendekatan antropologi musik. Pengumpulan data pada penelitian mengambil riset studi kasus karena hanyaterjadi di satu tempat, berkaitan dalam kelompok berkebudayaan dan dapat dianggap sebagai pokok bahasan kerangka berpikir etnografi untuk memahami dan mengembangkan kasus tunggal sebagai ilustrasi spesifik. Pada teknikpengumpulan data terdapat data primer seperti wawancara, observasi, dandokumentasi sedangkan pada data sekunder seperti studi kepustakaan, analisis danpenyajian data. Berfungsi sebagai keberlangsungan masyarakat, merupakankegiatan untuk menjaga, memelihara, melestarikan, meneruskan tradisi yangadadalam budaya dan ekspresi emosi Mandailing yang dituangkan dalamkegiatanyang dilakukan gordang sambilan yang dilandasi dengan ungkapan perasaandanungkapan kebahagiaan yang diekspresikan ke dalam sebuah wadah mediagordang sambilan. Sebagai Musik Hiburan Bertema Tapanuli Selatan MandailingNatal yang mana menjaga dan memelihara Musik Tradisional yang khususnyayang paling utama beretnis musik kebanggaan dan kebesaran Adat BatakMandailing. Konservasi Sanggar Sinondang Ulupungkut untuk Gordang Sambilansebagai suatu integralistik yang berawal dari kecintaan terhadap budayaMandailing memberikan dampak penilaian positif untuk menggalakkan keseniantradisional ditengah-tengah masyarakat dan diterima agar kemajuan teknologi pada perkembangan zaman modern tetapi tidak melupakan asal-usul budayanyadimana mereka berasal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Azhar Nasution, Anwarnim18101520131
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorKustap, Kustapnidn0001076707
ContributorIndrawan, Andrenidn0010056110
Department: KODEPRODI91221#MUSIK
Uncontrolled Keywords: Musik Mandailing; Konservasi; Gordang Sambilan; Sanggar Sinondang Ulupungkut; Kajian Kualitatif; Antropologi Musik.
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Anwar Azhar Nasution
Date Deposited: 21 Feb 2022 01:48
Last Modified: 21 Feb 2022 01:48
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10560

Actions (login required)

View Item View Item