Strategi Pemasaran Konten Digital Rumah Produksi Mindplace Studio dalam Menarik Konsumen.

Ratnasari, Dwinita (2022) Strategi Pemasaran Konten Digital Rumah Produksi Mindplace Studio dalam Menarik Konsumen. Masters thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
DWINITA RATNASARI_2022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
DWINITA RATNASARI_2022_BAB I.pdf

Download (649kB)
[img] Text
DWINITA RATNASARI_2022_BAB V.pdf

Download (427kB)
[img] Text
DWINITA RATNASARI_2022_JURNAL .pdf

Download (665kB)
[img] Text
DWINITA RATNASARI_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Mindplace Studio merupakan rumah produksi yang bergerak dalam bidang pembuatan video seni. Mereka perupakan konten kreator di Youtube. Dalam pekerjaannya, mereka membuat video yang bertema pop culture dengan tema mayor game real life dimana video itu terlihat asli seperti ada pada game. Mindplace studio berjalan sudah 3 tahun ini namun sudah memiliki cukup banyak subscriber yaitu sebanyak 1.14 juta (dari data November 2021) . Dalam pembahasan ini mereka memiliki dua jenis konsumen yang pertama adalah penonton Youtube dan yang kedua adalah konsumen yang menghasilkan kerja sama, diantaranya media iklan, pembuatan kontrn video dan video grafis untuk perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap Lead Content Mindplace Studio, Marketing Mindplace Studio, Narasumber ahli dibidang multimedia, dan tiga konsumen yang telah bekerja sama dengan Mindplace Studio. Hasil dari penelitian ini adalah ; (1)Mindplace menjalankan Strategi Pemasaran Konten Digital sesuai dengan 8 kunci yang dijelaskan Kotler dengan hasil diantaranya keunggulan dalam strateginya yaitu dalam penggagasan konten, penciptaan konten, dan penguatan konten. Mindplace memilki kualitas dalam berkesenian membuat video. Hal ini diakui juga oleh konsumen Mindplace dalam perhatiannya (attention) saat kesan pertama melihat konten youtbe mereka. karakteristik video konten Youtube Mindplace sangat kuat. mereka memiliki tema pop culture yang sering diminati banyak konsumen dan dikombinasikan dengan kemampuan berkeseniannya dalam produksi video pada visual efek. 2)Efek komunikasi dari pemasaran konten digital Mindplace terhadap konsumen sesuai dengan teori AIDA dengan hasil pada pendistribusian konten, konsumen lebih memiliki ketertarikan pada hasil konten visual sehingga brand Mindplace terlihat. Pada jasa pembuatan video grafis, konsumen memiliki ketertarikan dari professional kerja dimana hal ini jarang diketahui jika tidak mengenal baik sosok Mindplace.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Ratnasari, Dwinitanim1920176420
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDJunaedi, Sheellyananidn0526127201
Department: KODEPRODI91102#TATA KELOLA SENI
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Konten Digital, Video Seni, Efek Komunikasi
Subjects: Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Program Studi Tata kelola seni
Depositing User: Dwinita Ratnasari
Date Deposited: 23 Feb 2022 09:22
Last Modified: 23 Feb 2022 09:22
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10674

Actions (login required)

View Item View Item