Indah Sari, Suryani (2022) Rangkiang dan Surau dalam Penciptaan Selendang Batik. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakata.
Text
Suryani Indah Sari_2022_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
Suryani Indah Sari_2022_BAB l.pdf Download (1MB) |
|
Text
Suryani Indah Sari_2022_BAB PENUTUP.pdf Download (478kB) |
|
Text
Suryani Indah Sari_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
Text
Suryani Indah Sari_2022_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Suryani Indah Sari_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) | Request a copy |
Abstract
INTISARI Indonesia merupakan negara dengan berbagai budaya dan keunikan masyarakatnya, mulai dari bahasa, tata cara adat, pakaian, hingga tempat tinggal. Salah satu rumah adat tradisional yang unik dan paling populer adalah Rumah Gadang. Rumah Gadang memiliki Rangkiang, Rangkiang atau lumbung merupakan sebuah bangunan kecil di sebelah atau di depan Rumah Gadang yang digunakan untuk menyimpan padi. Surau adalah ruang tempat ibadah yang menyerupai Musala. Surau merajuk pada bangunan tempat ibadah umat Islam. Fungsinya hampir sama dengan Mesjid yakni pusat sebagai pusat kegiatan keagamaan masyarakat dan pendidikan dasar keislaman. Oleh karena itu penulis ingin menjadikan Rangkiang dan Surau sebagai sumber ide penciptaan karya selendang batik agar masyarakat mengetahui bahwa Indonesia memiliki berbagai macam rumah adat tradisional yang harus dilestarikan agar tidak mengalami kepunahan. Metode pendekatan yang dipakai dalam karya penciptaan ini adalah pendekatan estetika. Suatu ilmu yang mempelajari suatu yang berkaitan dengan keindahan, melalui unsur-unsur estetika tiga aspek wujud atau rupa, bobot, dan penampilan atau penyajian. Pembentukan karya didasarkan dari pencarian memalui wab akan objek yang dipakai, dan dikembangkan secara proposional dalam bentuk sketsa dan berjalan ke berbagai proses perkembangan dari wujud, bobot, dan penampilan. Metode yang digunakan dalam penciptaan ini adalah metode penciptaan SP. Gustami, sehingga dengan demikian menjadikan karya yang tidak hanya berbobot secara visual namun juga secara konseptual. Teknik yang digunakan adalah batik tulis. Proses yang dihasilkan dari penciptaan Tugas Akhir ini berjumlah empat karya berupa selendang batik yang dibuat dengan desain yang sederhana namun elegan. Diharapkan dari penciptaan ini dapat bermanfaat bagi penikmat seni dan masyarakat pada umummnya, serta dapat memberi konstribusi dan wacana kreatif pada masyarakat tentang alternatif pengembangan karya kriya khususnya seni batik. Kata kunci: Rangkiang, Surau, Selendang Batik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90211#KRIYA TEKSTIL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Rangkiang, Surau, Selendang Batik | |||||||||
Subjects: | Kriya > Kriya Tekstil | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Kriya > Kriya Tekstil | |||||||||
Depositing User: | Suryani Indah Sari | |||||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2022 08:34 | |||||||||
Last Modified: | 24 Feb 2022 08:34 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10733 |
Actions (login required)
View Item |