Student Centered Learning (SCL) Sebagai strategi Pembelajaran Seni Musik Bagi Siswa Kelas VIII Di SMP Budya Wacana Yogyakarta

Simamora, Tutri Dongsita (2022) Student Centered Learning (SCL) Sebagai strategi Pembelajaran Seni Musik Bagi Siswa Kelas VIII Di SMP Budya Wacana Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Tutri Dongsita Simamora_2022_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text
Tutri Dongsita Simamora_2022_BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Tutri Dongsita Simamora_2022_BAB V.pdf

Download (920kB)
[img] Text
Tutri Dongsita Simamora_2022_JURNAL.pdf

Download (1MB)
[img] Image
Surat Persetujuan Publikasi.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan SCL sebagai strategi pembelajaran seni musik pada materi musik tradisional bagi siswa kelas VIII di SMP Budya Wacana Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang berlokasi di SMP Budya Wacana Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, serta triangulasi. Metode analisis data menggunakan Interactive Analysis Model Miles and Huberman, dengan empat tahap analisis data yaitu, koleksi data, reduksi data, penyajian data dan verikfikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan SCL sebagai strategi pembelajaran seni musik merupakan upaya guru seni musik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat karena di masa pandemi, para siswa hanya memiliki sedikit waktu untuk belajar di kelas dengan tatap muka terbatas, sehingga guru merasa perlu menerapkan SCL untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi serta memberikan siswa kesempatan untuk mengeksplor materi pelajaran seluas-luasnya. Penerapan SCL melalui metode group discussion, tanya jawab dan blended learning dengan musik tradisional sebagai materi pengantar. Implementasi SCL mampu membuat siswa lebih aktif, bukan hanya sekedar belajar kemudian melupakan namun menjadikan siswa lebih menghargai budaya bangsa dengan mengeksplor jenis-jenis musik tradisional yang mereka pelajari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Simamora, Tutri Dongsitanim16100750132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorBramantyo, Triyononidn0018025702
ContributorArtanto, Mrinidn0011059003
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKANMUSIK
Uncontrolled Keywords: SCL, Strategi Pembelajaran, Seni Musik
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Tutri Dongsita Simamora
Date Deposited: 07 Mar 2022 03:57
Last Modified: 07 Mar 2022 03:57
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10963

Actions (login required)

View Item View Item