Bagatelle Penciptaan Musik dalam Format Duet Biola dan Gitar

Natanael Sutaryo, Haris and Dewanta Candra Yogatama, Alexander (2019) Bagatelle Penciptaan Musik dalam Format Duet Biola dan Gitar. Technical Report. Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Full Teks_Haris Natanael Sutaryo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I_Haris Natanael Sutaryo.pdf

Download (654kB)
[img] Text
BAB V_Haris Natanael Sutaryo.pdf

Download (655kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Bagatelle berarti sebuah komposisi yang pendek untuk piano. Dalam perkembangannya komposisi bagatelle tidak terbatas hanya digubah untuk piano saja, melainkan juga sudah digubah untuk instrumen selain piano. Bentuknya yang lebih luas adalah AB atau ABA. Pemakaian bentuk ABA biasanya untuk mewakili dua mood yang kontras antara yang ritmis A dengan yang B. Dengan kembalinya ke A karya ini bersifat melingkar, membuatnya balans dan simetris. Ide dalam penciptaan musik bagatelle ini muncul terinspirasi dari ketertarikan penulis dalam menyaksikan Ujian kompentesi di auditorium musik Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Salah satu repertoar yang dibawakan Bagatelle untuk piano op. 3, op. 119 karya Beethoven. Menurut pengamatan penulis bentuk musik bagatelle dari segi komposisinya sangat menarik, terdapat kebebasan dalam mengungkapan ide-ide kreatif dan imajinatif komponisnya. Perancangan komposisi bagatelle ini intinya menuangkan ide penulis dalam memadukan dua karakter instrument musik Biola dan Gitar, dengan penekanan pada penggarapan ritme, melodi dan harmoni sehingga menjadi sebuah integritas, melalui jenis musik bagatelle. Hasil karya ini nantinya selain sebagai apresiasi musik di multimedia, juga sebagai salah satu materi mata kuliah komposisi 1 pada prodi penciptaan musik FSP ISI Yogyakarta. Kata kunci : penciptaan musik bagatelle, apresiasi musik untuk multimedia, materi kuliah komposisi 1 pada prodi penciptaan musik FSP ISI Yogyakarta.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Natanael Sutaryo, Harisnip196102221988031002
Dewanta Candra Yogatama, Alexandernim18101160133
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: penciptaan musik bagatelle, apresiasi musik untuk multimedia, materi kuliah komposisi 1 pada prodi penciptaan musik FSP ISI Yogyakarta
Subjects: Musik > Komposisi Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 24 Mar 2022 08:58
Last Modified: 24 Mar 2022 08:58
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11123

Actions (login required)

View Item View Item