Analisis Naratif Iklan Layanan Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (Kpu) Tentang Pemilu Presiden Tahun 2014

Leistar Adiguna, 1010433032 (2016) Analisis Naratif Iklan Layanan Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (Kpu) Tentang Pemilu Presiden Tahun 2014. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id/

Abstract

Penelitian “Analisis Naratif Iklan Layanan Masyarakat Komisi Pemilihan Umum Tentang Pemilu Presiden 2014” ini bertujuan untuk mengetahui Pemilu Presiden 2014 dicitrakan oleh Komisi Pemilihan Umum melalui bentuk-bentuk naratif yang dianalisis dari seluruh Iklan Layanan Masyarakat tentang Pemilu Presiden 2014 produksi Komisi Pemilihan Umum. Penelitian ini menggunakan teori naratif dari Bordwell-Thompson yang melihat elemen naratif terdiri dari plot dan cerita, kausalitas, ruang, waktu serta narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemilu Presiden 2014 dicitrakan dalam Iklan Layanan Masyarakat yang diproduksi Komisi Pemilihan Umum sebagai peristiwa pesta demokrasi yang rutin dilaksanakan, resmi dan serius. Citra Pemilu Presiden seperti ini ditujukan untuk masyarakat yang responsif dan partisipasif dan tidak untuk masyarkat yang skeptis dan apatis. Lebih lanjut lagi, citra Pemilu Presiden seperti ini ternyata tidak berhasil meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Umum malah menurunkannya. Oleh karena itu, citra Pemilu Presiden seperti ini berpotensi menjadi stereotype yang membosankan bagi masyarakat. Perlu pencitraan yang lebih segar lagi dalam iklan layanan masyarakat Pemilu Presiden yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Leistar Adiguna, 1010433032UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Uncontrolled Keywords: analisis, iklan layanan masyarakat, Naratif, Citra Pemilu Presiden 2014, Komisi Pemilihan Umum
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 17 Oct 2016 01:57
Last Modified: 17 Oct 2016 01:57
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1120

Actions (login required)

View Item View Item