Mengatasi Permasalahan Teknik Saltato dan Harmonic Cello pada Bagian II dari Sonata C Mayor Op. 119 Karya Sergei Prokofiev

Sinata, Ade (2011) Mengatasi Permasalahan Teknik Saltato dan Harmonic Cello pada Bagian II dari Sonata C Mayor Op. 119 Karya Sergei Prokofiev. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45MB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Karya tulis ini disusun berdasarkan pengamatan penulis karena belum pernah ada yang mengangkat karya tulis tentang Sergei Prokofiev terutama tentang teknik saltato dan harmonic dalam Sonata C Mayor Op. 119, karena teknik ini sangatlah unik dan jarang dalam repertoar instrument cello, serta diperkuat dengan referensi buku-buku yang berkaitan, sehingga merupakan hasil yang berlandaskan dari teori ilmiah. Teknik saltato dan harmonic merupakan bagian penting dan unik dalam Sonata C Mayor Op. 119 karya Sergei Prokofiev walaupun hanya terdiri dari beberapa birama. Teknik tersebut cukup sulit untuk dimainkan dengan benar oleh karena itu perlu adanya solusi untuk dapat memainkannya dengan teknik yang benar dengan menggunakan model latihan yang sesuai dengan teknik saltato dan harmonic. Komposisi ini masih terdapat hal-hal yang menarik untuk dikaji sehingga dalam penyusunan karya tulis ini dapaat menimbulkan sebuah kesadaran untuk lebih jauh mengkaji segala bentuk "penyimpangan" secara struktur maupun komposisi keseluruhan sebagai suatu perkembangan komposisi modern yang patut dipahami oleh pemerhati musik termasuk penulis sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sinata, Adenim0611027013
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorHidayat, Asepnidn0004106606
ContributorSusantina, SukatmiUNSPECIFIED
Department: KODEPRODI91221#MUSIK
Uncontrolled Keywords: Teknik Saltato, teknik Harmonic
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: isti IS suratmi
Date Deposited: 20 May 2022 02:48
Last Modified: 13 Mar 2024 07:35
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11263

Actions (login required)

View Item View Item