Gendhing Kebaktian gereja Kristen Dayu Sidhuharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta Di Tinjau Dari Bentuk Dan Garapanya

Suroto, Suroto (2010) Gendhing Kebaktian gereja Kristen Dayu Sidhuharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta Di Tinjau Dari Bentuk Dan Garapanya. Skripsi thesis, Insitut Seni Inddonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (12MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

ereja Kristen Jawa Dayu Sinduharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta merupakan Gereja Pepanthan (cabang) dari Induk Gereja Kristen Jawa Sawokembar Gondokusuman Yogyakarta yang telah dimandirikan pada tanggal 31 Oktober 1993, berlokasi di desa Pusung, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Dalam menyelenggarkan kebaktian baik dalam bahasa Indonesia maupun Jawa semula menggunakan iringan musik diatonis dengan iringaninstrumenorgan. Mulai tahun 2005 tepatnya setiap bulan April, Agustus, Desember pada minggu terakhir mulai menggunakan iringan karawitan dengan gamelan Jawa berlaras pelog. Pada awalnya karawitan hanya berfungsi sebagai selingan atau hiasan, akan tetapi dalam perkembangannya setelah melalui proses adaptasi, transposisi dari lagu-lagu diatonis ke pentatonis, akhirnya karawitan dapat diterima oleh semua umat untuk mengiringi kebaktian secara penuh. Penelitian dengan pendekatan musikologis ini diharapkan dapat menemukan bagaimana bentuk dan garap karawitan untuk kebutuhan kebaktian Gereja Kristen Jawa Dayu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Suroto, Surotonim0510363012
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDKriswanto, Kriswantonidn0015115401
UNSPECIFIEDSubuh, Subuhnidn0009025804
Department: KODEPRODI91611#KARAWITAN
Uncontrolled Keywords: Gendhing Kebaktian, gereja Kristen Dayu Sidhuharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta, Bentuk Dan Garapanya
Subjects: Karawitan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Karawitan
Depositing User: susilo SW wati
Date Deposited: 21 May 2022 16:32
Last Modified: 21 May 2022 16:32
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11290

Actions (login required)

View Item View Item