Perancangan komunikasi visual media promosi Produk Tas Clothing "File"

Widuri, Widuri (2010) Perancangan komunikasi visual media promosi Produk Tas Clothing "File". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (14MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69MB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Konsep Through The Line dalam disiplin i lmu periklanan disebutkan sebagai suatu konsep media yang menggeser konsep perancangan periklanan konvensiona l yang selama ini dikenal yaitu Above The Line (media lini atas : iklan tv, iklan radio, poster, iklan media cetak, baliho) dan Below The Line (media lini bawah : event, direct ma;/ , promo, expo, pameran) yang tidak sesuai dan kurang efektif lagi digunakan sebagai konsep untuk menyampaikan pesan kepada target audience. Dalam perancangan media promosi produk tas clothing Fille dengan menggunakan unconventional media yang diterapkan di tempat yang sering bersinggungan dengan target audience seperti toko, distro, mall, dan cafe ini penulis menerapkan konsep Through 1he Line yang difungsikan sebagai senjata untuk mengolah data yang kemudian diwujudkan menjadi pesan kreatif dan digunakan sebagai strategi untuk menyampaikan pesan kepada target audience. Dimana dalam konsep Through The Line terdapat 2 strategi penempatan medinya yaitu unconventional media atau ambient media. Selama dalam proses perancangan ini penulis dapat menarik kesimpulan bahwa perancangan menggunakan konsep Through The Line ternyata lebih efektif dan efisien dalam menyampaikan pesan dan lebih dapat diterima target audience baik sebagai branding atau reminding. Kelebihan konsep Through The Line ini terdapat pada 184 suatu strategi penyampaian pesan yang menyesuaikan dengan kehidupan sehari­ hari target dalam menyampaikan pesan dengan mengolah pesan kreatif yang disesuaikan dengan menggunakan pendekatan khusus berupa bahasa target, dan kebiasaan target yang seolah-olah target merasa tidak sedang disisipi pesan iklan melainkan target dijadikan bagian dari pesan tersebut, sehingga target akan merasa nyaman dengan pesan yang disampaikan. Adapun dalam perancangan ini penulis menemukan ketentuan wajib yang tidak dapat dilanggar dalam disipli n konsep Through The Line, yaitu dalam proses pemanfaatan point yang akan dijadikan media penyam paian pesan diharuskan tidak merubah fungsi, bentuk, posisi, warna, dan tidak merusak struktur setelah dimanfaatkan sebagai media penyampaian pesan. Dikarenakan dalam prakteknya konsep Through The Line merupakan suatu bentuk komuniukasi pesan kepada audience yang hanya memanfaatkan tampilan visual. Titik singgung penyampaian pesan agar lebih dekat dengan target audience tanpa merubah esensi dari titik tersebut. Selain itu kelebihan penyampaian pesan dengan menggunakan konsep Through The Line adalah adanya tahapan-tahapan vital yang lebih efektif dalam merumuskan konsep kreatif sekaligus sebagai kunci untuk menyentuh target audience untuk langsung memahami pesan dan dipastikan frekuensi persinggungan dengan target audience lebih besar, tahapan tersebut adalah consumer insight yang menekankan pada suatu hal yang merupakan titik puncak yang diidam-idarnkan atau titik ketakutan mendasar target audience, selanjutnya consumer journ ey dan point of contact yang menekankan pada analisis untuk mengetahui media apa saja yang sering bersinggungan dengan target audience dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Widuri, Widurinim0311355024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTinarbuko, IT. Sumbonidn0001046616
ContributorSuwarni, TH.nidn
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: promosi, tas, desain komunikasi visual
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: sri SE endarti
Date Deposited: 22 May 2022 02:36
Last Modified: 22 May 2022 02:36
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11301

Actions (login required)

View Item View Item