Fungsi Pertunjukan Tari Soreng 'Warga Setuju' Dalam Upacara Suran di Desa Bandung Rejo, Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang

Handayani, Susi (2011) Fungsi Pertunjukan Tari Soreng 'Warga Setuju' Dalam Upacara Suran di Desa Bandung Rejo, Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (11MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51MB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini menganalisis bentuk pertunjukan dan fungsi tari soreng "Warga Setuju" dalam upacara Suran di desa Bandung Rejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan menggunakan pendekatan sosiologi budaya Raymond Williams. Tahap pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Data-data yang diperoleh kemudian dikumpulkan, dikelompokkan sesuai dengan jenisnya, kemudian dicari korelasinya antara Soreng dan Suran, Soreng sebagai pertunjukan dan Suran sebagai upacara religi. Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui, pertama, lembaga budaya, isi, dan efek. Kemudian bentuk pertunjukan tari Soreng dalam upacara Suran meliputi dasar penyajian, tata gerak, tata iringan, dan tata rupa pentas. Kedua, fungsi pertunjukan tari Soreng dalam upacara Suran meliputi pelembagaan tari Soreng (institutions), apa yang dihasilkan (content), dan efek serta nilai-nilai (effects). Pelembagaan tari Soreng yang menyangkut siapa yang mengontrol dan bagaimana kontrol itu dilakukan, dalam hal ini sebagai lembaga budayanya adalah masyarakat Bandung Rejo, sedangkan yang dihasilkan adalah upacara Suran yang berfungsi sebagai upacara ritual menyatukan antara seni (Soreng) dan relilgi (Suran), sementara effek yang dihasilkan berupa aspek ritual dan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Handayani, Susinim0611160011
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorMartiara, Rinanidn0006036609
ContributorSurojo, Surojonidn0029066106
Department: KODEPRODI91231#SENI TARI
Uncontrolled Keywords: Tari Soreng 'Warga Setuju', Suran
Subjects: Tari > Pengkajian Tari
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Pengkajian)
Depositing User: isti IS suratmi
Date Deposited: 23 May 2022 01:18
Last Modified: 23 May 2022 01:18
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11319

Actions (login required)

View Item View Item